Analisis Penerapan Produk Tabungan Haji Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Tabungan Mudharabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Balung.

ZAHRO, SITI MAIMUNATUZ (2019) Analisis Penerapan Produk Tabungan Haji Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Tabungan Mudharabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MAIMUNATUZ ZAHRO_E20151138.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Menunaikan ibadah haji hampir dapat dipastikan selalu menjadi salah satu cita-cita dan harapan seorang muslim. Namun berbagai macam kendala yang ada dan masih banyak masyarakat yang belum memperoleh kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Salah satu kendalanya yang paling sering dijumpai yaitu masalah finansial, meliputi biaya pendaftaran sampai pemberangkatan ibadah haji. Ibadah haji sesungguhnya menjadi suatu kewajiban bagi umat islam. Ibadah ini telah ditetapkan dan diterangkan secara jelas didalam kitab suci Al-qur’an, sunnah, dan ijma’. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya ibadah yang satu ini adalah ibadah haji. Meskipun membutuhkan biaya yang lumayan besar , ibadah haji tetap menjadi impian semua orang. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan produk tabungan haji di Kantor BMT UGT Sidogiri Cabang Balung. Bagaimana upaya peningkatan jumlah tabungan mudharabah di Kantor BMT UGT Sidogiri Cabang Balung. Tujuan penelitan ini antara lain adalah mendeskripsikan penerapan produk tabungan haji di Kantor BMT UGT Sidogiri Cabang Balung. Mendeskripsikan upaya peningkatan jumlah tabungan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Balung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Primer hasil observasi, dan wawancara kepada responden, yakni pimpinan, AOAP dan Teller. Sekunder: Al-Qur’an,Buku-buku, artikel, Dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penerapan produk Tabungan Haji di BMT UGT Sidogiri Cabang Balung telah menetapkan prosedur sesuai dengan aturan yang telah berlaku seperti Pembukaan Rekening Tabungan Haji, Penerimaan Setoran Tabungan Haji, Penarikan Tabungan Haji, Penarikan Tabungan Haji, dan langkah BMT UGT Sidogiri Cabang Balung untuk meningkatkan jumlah tabungan mudharabah dengan cara memilih bauran promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:30
Last Modified: 20 Sep 2022 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item