AZIZ, KHOIRUL (2019) Analisis Strategi Pemilihan Lokasi Mesin CRM (Cash Recycling Machine) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Dana Pihak Ketiga (DPK) Di Bank BRI KC. Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
KHOIRUL AZIZ_E20151099.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Globalisasi merupakan kebebasan dan keleluasaan pertukaran barang dan jasa, yang menerobos batas-batas negara, wilayah, serta adat istiadat dan budaya. Agar bisa bersaing di era globalisasi, lembaga keuangan menciptakan inovasi baru salah satunya dengan dioperasionalkan mesin CRM sebagai bentuk penyempurnaan pada mesin ATM yang ada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para nasabah yang hendak menabung atau setor tunai. Sehingga nasabah pada saat ini tidak perlu jauh-jauh ke Bank langsung dan mengantri berjam-jam untuk melakukan setor tunai atau menabung karena nasabah bisa langsung melakukan setor tunai melalui CRM BRI. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana strategi Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM ? 2) Apakah faktor-faktor yang menjadi pertimbangan Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM ? Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM. 2) Untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang menjadi pertimbangan Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Teknik sampel yang dipilih adalah purposive yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Strategi Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM antara lain: a) Planning session dalam pelaksanaan planning session ini membahas tentang pertama, strategi Segmentasi Pasar, dimana seorang marketer harus bisa mengumpulkan sebuah informasi baik informasi soal produk, maupun informasi pasar. Seorang marketer harus mampu menganalisa pasar dengan baik dan selalu dihubungkan dengan kemampuan perusahaan dalam menyediakan produk sesuai dengan kemampuan pasar untuk menyerap, dan kedua, Targeting dimana Upaya ini dilakukan oleh PT. Bank BRI (Persero) Cabang Jember agar dalam pendistribusian mesin CRM di wilayah Jember bisa merata dan dapat memberikan pelayanan jasa kepada nasabah serta dapat meningkatkan keuntungan pihak bank dengan meningkatnya jumlah dana pihak ketiga. b) Mengajukan surat ke Pusat, c) Pelaksanaan, d) Monitoring Strategic, dan e) Review. 2) Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan Bank BRI KC. Jember dalam pemilihan lokasi mesin CRM antara lain: Jumlah nasabah yang terdapat di kantor cabang pembantu dan kantor unit, Melihat dari potensi dana nasabah, Menghitung biaya sewa tempat, Menghitung harga beli antara mesin ATM biasa dan CRM, Melihat dari sisi keamanan mesin CRM yang akan di tempatkan di daerah tesebut, Melihat jarak yang dekat dengan kantor yang masih bisa di tempuh oleh nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 03:29 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 03:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13241 |
Actions (login required)
View Item |