Strategi Pemasaran Produk Rahn Hasan Dengan Sistem Tanpa Mu’nah Di Pegadaian Syariah Cabang Jember.

MUDALIFAH, SITI RHOMATUL (2019) Strategi Pemasaran Produk Rahn Hasan Dengan Sistem Tanpa Mu’nah Di Pegadaian Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI RHOMATUL MUDALIFAH_E20151211.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Produk rahn hasan merupakan salah satu produk pegadaian syariah yang berupa gadai syariah bebas dari biaya titipan (mu’nah) dan cukup membayar administrasi Rp. 2500 dalam jangka waktu dua bulan. Fokus penelitian yang diteliti adalah: pertama bagaimana mekanisme pembiayaan rahn hasan dengan sistem tanpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember? Kedua bagaimana strategi pemasaran produk rahn hasan dengan sistem tenpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember? Ketiga bagaimana implikasi pemasaran produk rahn hasan tanpa mu’nah pada jumlah nasabah? Tujuan penelitian: Pertama untuk mengetahui bagaimana mekanisme pembiayaan rahn hasan dengan system tanpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember. Kedua untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk rahn hasan dengan sistem tenpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember. Ketiga untuk mengetahui bagaimana implikasi penjualan produk rahn hasan tanpa mu’nah pada jumlah nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenisn penelitian lapangan (field research), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ini adalah analisis deskriptif. Untuk memeriksa keabsahan data maka peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pertama mekanisme pembiayaan rahn hasan dengan sistem tanpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember produk rahn hasan transaksi gadai yang tanpa ujroh atau bunga. Peminjaman mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 500.000 dengan biaya administrasi Rp. 2500 jangka waktu yang diberikan hanya 2 bulan. Kedua strategi pemasaran produk rahn hasan dengan sistem tenpa mu’nah di Pegadaian Syariah Cabang Jember strategi pemasaran produk rahn hasan ini memiliki 5 aspek yakni harga, produk, promosi, distribusi, dan pelayanan. Dari kelima aspek tersebut semuanya berperan penting tetapi, yang paling penting adalah promosi sebagai prioritas dan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan penjualan. Ketiga implikasi pemasaran produk rahn hasan tanpa mu’nah pada jumlah nasabah. Implikasi atau dampak yang ada di pegadaian selama ini masih belum terjadi. Karena produk rahn hasan ini justru membantu para kalangan mahasiswa dan para ibu rumah tangga bahkan ibu buruh pabrik yang tergolong kalangan menengah ke bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:27
Last Modified: 20 Sep 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item