Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Penerapan Reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia.

Irma, Wiwik (2019) Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Penerapan Reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwik Irma_E20151115.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia dilakukan dengan menata ulang kembali struktur dana pihak ketiga sebagai upaya untuk melakukan efisiensi biaya dana. Kinerja keuangan suatu bank dipengaruhi oleh adanya Dana Pihak Ketiga, sehingga apabila dilakukan reprofiling pada Dana Pihak Ketiga tersebut tentu akan berpengaruh pula pada keadaan kinerja keuangannya. Kinerja keuangan dapat diukur dengan beberapa rasio keuangan, antara lain profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan kolektibilitas bank. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kinerja keuangan sebelum penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia? 2) Bagaimana kinerja keuangan sesudah penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia? 3) Bagaimana signifikasi perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui kinerja keuangan sebelum penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia. 2) Untuk mengetahui kinerja keuangan sesudah penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia. 3) Untuk mengetahui signifikasi perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan reprofiling Dana Pihak Ketiga pada Bank Muamalat Indonesia. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian analisis komparatif atau analisis perbandingan. Populasi yang digunakan yaitu rasio-rasio dalam laporan keuangan Bank Muamalat Indonesia, dalam kurun waktu penelitian 2011-2018, dan untuk menentukan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan data sekunder dan studi pustaka. Jenis analisis statistik yang digunakan yaitu analisis statistik parametris, dengan tahap analisis data yang dilakukan pertama uji Normalitas Data kemudian uji T (paired sample t-test). Hasil dalam penelitian ini yaitu: 1) Kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia sebelum penerapan reprofiling DPK pada rasio-rasio keuangan menunjukkan nilai yang cukup baik. 2) Kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia sesudah penerapan reprofiling DPK menunjukkan penurunan variabel profitabilitas dan solvabilitas, serta peningkatan variabel likuiditas dan kolektibilitas. 3) Signifikansi perbandingan menunjukkan bahwa pada variabel ROA,ROE, BOPO, FDR, dan NPF terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah penerapan reprofiling DPK, karena memiliki sig. < 0,05 dan nilai thitung > ttabel. Sedangkan pada variabel CAR tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah penerapan reprofiling DPK, karena memiliki sig.>0,05 dan nilai thitung < ttabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:27
Last Modified: 20 Sep 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item