Perlindungan Konsumen Mobile Banking di BRI Unit Sempusari Jember

MEGA SHINTA, IFFA TIARA (2019) Perlindungan Konsumen Mobile Banking di BRI Unit Sempusari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFFA TIARA MEGA SHINTA_083 143 278.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Mobile Banking adalah salah satu layanan perbankan yang dapat di akses langsung melalui telepon seluler/handphone GSM dengan menggunakan aplikasi mobile banking yang dapat diunduh dari google play store. Layanan mobile banking ini masih sangat rentan dengan kejahatan-kejahatan elektronik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk perlindungan konsumen mobile banking di BRI Unit Sempusari Jember ? 2) Bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa antara pihak bank dengan nasabah dalam transaksi keuangan mobile banking di BRI Unit Sempusari Jember ? Sementara tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan konsumen mobile banking di BRI Unit Sempusari Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa antara pihak bank dengan nasabah dalam transaksi keuangan mobile banking di BRI Unit Sempusari Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di BRI. Peneliti menggunakan teknik purposive untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan tiga hal diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian; Perlindungan konsumen mobile banking di bagi menjadi 2 yaitu Preventif dan Represif. Di BRI Unit Sempusari Jember perlindungan preventif yaitu dengan cara membuat kebijakan/peraturan yang harus dipatuhi oleh nasabah pengguna mobile banking, melakukan pembinaan ketika nasabah mendaftar juga dengan SSL yang langsung diawasi oleh kantor pusat. Sedangkan, perlindungan preventif dengan cara memberikan kebebasan kepada nasabah untuk mengajukan ketidakpuasannya terhadap BRI Unit Sempusari Jember. Konsumen mobile banking juga telah dilindungi oleh Bank Indonesia dan OJK. Mekanisme penyelesaian sengketa nasabah mobile banking di BRI di Unit Sempusari Jember dengan cara mengadukan permasalahan yang dialami nasabah baik secara tertulis maupun lisan. Penyelesaian sengketa konsumen melalui pengadilan dan diluar pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:27
Last Modified: 20 Sep 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item