Pengaruh Distribusi Bagi Hasil Dana Pihak Ketiga Terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga pada Bank BRI Syariah Tahun 2009-2018.

INAYAH, NUR (2019) Pengaruh Distribusi Bagi Hasil Dana Pihak Ketiga Terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga pada Bank BRI Syariah Tahun 2009-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR INAYAH_E20151184.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan tingkat dana pihak ketiga di berbagai bank syariah salah satunya dipengaruhi oleh distribusi bagi hasil yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dana pihak ketiga. Di mama sistem bagi hasil yang penentuanya dibuat sewaktu perjanjian dengan berdasarkan untung atau rugi, proporsi atau nisbah bagi hasil berdasarkan jumlah yang diperoleh. Profesionalisme bank syariah dapat di jabarkan dalam bentuk upaya dalam pemakai dana berhasil dalam usahanya dan memperoleh return atau profit yang tinggi sehingga dapat lebih menarik dana pihak ketiga dari masyarakat. Artinya, ketika bagi hasil meningkat maka dana pihak ketiga akan meningkat demikian sebaliknya jika bagi hasil menurun maka dana pihak ketiga akan menurun. BRI Syariah merupakan bank yang menghimpun dana masyarakat melalui produk produk simpanan. Produk simpanan merupakan dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun oleh Bank melalui produk tabungan, giro, dan deposito. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana pengaruh distribusi bagi hasil dana pihak ketiga terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga pada BRI Syariah dari tahun 2009-2018? b) Seberapa besar pengaruh distribusi bagi hasil terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga pada BRI Syariah dari tahun 2009-2018? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui a) pengaruh distribusi bagi hasil dana pihak ketiga terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga pada BRI Syariah b) Seberapa besar pengaruh distribusi bagi hasil terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga pada BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier sederhana. Dalam analisis regresi linier, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu Koefisien Determinasi (R²) dan Uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa a) distribusi bagi hasil berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga b) distribusi bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 81,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:27
Last Modified: 20 Sep 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item