Implementasi Restrukturisasi Dalam Upaya Penanganan Kredit Bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember.

KURNIA SARI, MAYA (2019) Implementasi Restrukturisasi Dalam Upaya Penanganan Kredit Bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAYA KURNIA SARI_E20151175.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan salah satu sumber permodalan bagi berbagai usaha, suatu Bank didefinisikan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup orang banyak. Bank tidak dapat terhindar dari masalah kredit macet, meskipun dalam memberikan suatu kredit kepada masyarakat telah benar-benar didasarkan prinsip kehati-hatian perkreditan yang sehat serta didukung oleh itikad baik dari pada pejabat kredit, namun kemungkinan timbulnya kredit bermasalah tetap ada. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana faktor-faktor kredit bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember? 2. Bagaimana implementasi restrukturisasi kredit bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember? 3. Apa hambatan yang dihadapi dalam implementasi ketentuan restrukturisasi kredit bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember? Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor Kredit Bermasalah di Koperasi Bank Perkeditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember. 2. Untuk mengetahui Implementasi Restrukturisasi Kredit Bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember. 3. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam Implementasi ketentuan Restrukturisasi Kredit Bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang menganalisis restrukturisasi kredit bermasalah di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Surya Kencana Kencong, serta cara KBPR Surya Kencana Kencong dalam mengatasi implementasi restrukturisasi kredit bermasalah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kredit bermasalah disebabkan terjadinya wanprestasi yang berasal dari kondisi eksternal maupun internal yang membuat nasabah tidak dapat menyelesaikan kewajibannya seperti tidak adanya itikad baik, stabilnya kondisi ekonomi, gagal panen, bencana alam, usaha bangkrut dan kena PHK. Sedangkan dalam penanganannya dengan ketentuan restrukturisasi, dengan menggunakan metode 3R yaitu: rescheduling (memperpanjang jangka waktu), resconditioning (persyaratan kembali), restructuring (perpaduan resconditioning dengan rescheduling), dan metode selanjutnya yaitu penjualan barang jaminan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:32
Last Modified: 20 Sep 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item View Item