Analisis Faktor yang Mendorong Minat Nasabah Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam Menggunakan Mobile Banking di masa Pandemi Covid-19.

Musaidah, Ahlam (2021) Analisis Faktor yang Mendorong Minat Nasabah Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam Menggunakan Mobile Banking di masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahlam Musaidah_E20171078.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi ini semakin hari semakin pesat, teknologi yang tumbuh harus dimanfaatkan dengan cermat dan tepat. Berbagai macam teknologi memberikan terobosan-terobosan baru yang dapat digunakan oleh bank untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya. Dari hal tersebut, bank-bank yang ada di seluruh dunia membuat suatu inovasi baru dengan meluncurnya teknologi informasi yaitu mobile banking. Produk mobile banking merupakan layanan tambahan kepada nasabah yang sudah memiliki rekening di bank. Layanan mobile banking digunakan dengan perangkat smart phone seperti blackberry, apple, dan HP dengan system berbasis android serta windows. Begitu juga dengan aktivitas perbankan, pandemi virus corona berdampak signifikan terhadap digitalisasi perbankan. Masyarakat kini cenderung bertransaksi secara digital untuk memenuhi kebutuhannya. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Faktor apa saja yang mendorong minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada Bank BRI Cabang Jember dimasa covid-19? 2) Faktor dominan apa yang mendorong minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada Bank BRI Cabang Jember dimasa covid-19? Tujuan penelitian ini dilakuakan untuk mengetahui 1) Mendeskripsikan faktor apa saja yang mendorong minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada Bank BRI Cabang Jember dimasa covid-19 untuk mengetahui 2) Mendeskripsikan faktor dominan apa yang mendorong minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada Bank BRI Cabang Jember dimasa covid-19 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian pada Bank BRI Kantor Cabang Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa minat nasabah dalam menggunakan mobile banking adalah 1) Faktor yang mendorong minat nasabah untuk menggunakan mobile banking adalah karena kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh layanan mobile banking, karena kenyamanan dan keamanan yang diberikan sehingga nasabah tidak ragu untuk menggunakan mobile banking, menggunakan mobile banking menghemat waktu para penggunanya tanpa harus membuang-buang waktunya untuk antri di kantor-kantor Cabang terdekat atau ke counter ATM untuk melakukan transaksinya, layanan mobile banking merupakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta nasabah dapat memegang kendali secara leluasa dalam keputusan bertransaksinya. 2) Faktor yang mendorong dominan nasabah dalam menggunakan mobile banking yaitu efisiensi waktu, karena nasabah tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk pergi ke ATM ataupun bank hanya untuk bertransaksi seperti trenansfer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 09:14
Last Modified: 20 Sep 2022 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item