Pengaruh Digitalisasi dalam Pelayanan Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah BRI KC Jember.

LESTARI, NIA DWI (2021) Pengaruh Digitalisasi dalam Pelayanan Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah BRI KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIA DWI LESTARI_E20171037.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Bergesernya nilai, gaya hidup, serta ekonomi akan mempengaruhi pertumbuhan E-Commerce. Oleh karena itu, peran teknologi sangat akan berpengaruh dalam segala aspek termasuk dalam dunia perbankan. Dengan memanfaatkan website seperti dalam layanan digital BRI, akan berdampak pada kepuasan nasabah. Sehingga untuk mencapai hasil yang diharapkan perusahaan, maka perlu adanya hubungan antara nasabah dan perusahaan untuk terus memperbaiki dan mengembangkan layanan digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Apakah terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari (efficiency) X1, (realibilty) X2, (fulfillment) X3, (privacy) X4, (responsiveness) X5, dan (contact) X6 terhadap kepuasan nasabah BRI KC Jember secara simultan? 2) Apakah terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari (efficiency) X1, (realibilty) X2, (fulfillment) X3, (privacy) X4, (responsiveness) X5, dan (contact) X6 terhadap kepuasan nasabah BRI KC Jember secara parsial? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari (efficiency) X1, (realibilty) X2, (fulfillment) X3, (privacy) X4, (responsiveness) X5, dan (contact) X6 terhadap kepuasan nasabah BRI KC Jember secara simultan. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari (efficiency) X1, (realibilty) X2, (fulfillment) X3, (privacy) X4, (responsiveness) X5, dan (contact) X6 terhadap kepuasan nasabah BRI KC Jember secara parsial. Pengumpulan data dengan teknik kuesioner yang disebarkan pada 113 nasabah BRI yang aktif menggunakan BRI Mobile atau BRImo, Internet Bangking, ATM, dan SMS Banking. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa melalui uji simultan variabel efficiency, reliability, fulfillment, privacy, responsiveness dan contact secara bersama-sama memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 27,183. Adapun dari hasil uji t diperoleh bahwa variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah variabel privacy (dengan p value 0,000 < 0,05) dan variabel responsiveness (dengan p value 0,997 > 0,05). Sedangkan variabel efficiency (dengan p value 0,082 > 0,05), reliabilty (dengan p value 0,735 > 0,05), fullfillment (dengan p value 0,011 < 0,05), dan contact (dengan p value 0,449 > 0,05) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 09:14
Last Modified: 20 Sep 2022 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item