Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga bI-7 Day Repo Rate Dan Tingkat inflasi Atas Pembiyaan Mudhrobah Pada Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS)

Qadafi, Yusen Yahksya (2021) Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga bI-7 Day Repo Rate Dan Tingkat inflasi Atas Pembiyaan Mudhrobah Pada Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yusen Yahksya Qadafi_E20171135.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah sebagai salah satu lembaga keuangan juga sangat penting memperhatikan risiko – risiko yang akan dihadapi dalam menjalankan fungsinya, salah satunya yaitu risiko pasar. Perbankan syariah tidak akan terkena imbas secara langsung dari risiko ini, karena risiko ini ditimbulkan oleh adanya pergerakan variabel pasar seperti nilai tukar dan tingkat suku bunga. Hal ini dikarenakan Bank Syariah tidak menerapkan sistem bunga dalam operasionalnya. Namun dampak tidak langsung ini lebih kearah kompetisi dengan perbankan konvensional, dimana dalam menentukan bagi hasil yang tepat guna menarik minat masyarakat sehingga mampu bersaing dengan perbankan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh suku bunga acuan BI-day repo rate dan tingkat inflasi terhadap pembiayaan mudhorobah di Bank Negara Indonesia Syariah periode april 2017 – maret 2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 sampel yang diambil dari laporan keuangan bulanan Bank Negara Indonesia Syariah. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data adalah dengan metode purposive sampling. Dalam melakukan proses pengolahan data, penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 25.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif linier berganda dimana metode analisis ini digunakan untuk menguji hubungan antara dua atau lebih variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan masing-masing variabel independen tidak berpengaruh terhadap pembiayaan mudhorobah di BNI Syariah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pada masing-masing variabel X, dimana didapatkan nilai t hitung pada variabel X1 (tingkat suku bunga) < t tabel (0,803 < 2,035) dan signifikasi sebesar 0.428 > 0,05. Pada variabel X2 didapatkan nilai t hitung variabel X2 (tingkat inflasi) < t tabel (1,429 < 2,035) dan signifikansi 0,163 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:21
Last Modified: 21 Sep 2022 05:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13276

Actions (login required)

View Item View Item