Analisis Manajemen Risiko untuk Mengatasi Pembiayaan Bermasalah pada Produk KPR iBMuamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember.

HASANAH, SITI FAIZATUL (2019) Analisis Manajemen Risiko untuk Mengatasi Pembiayaan Bermasalah pada Produk KPR iBMuamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI FAIZATUL HASANAH_E20151189.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

KPR merupakan produk pembiayaan jangka panjang yang tidak akan luput dari yang namanya kredit/pembiayaan bermasalah. Oleh karena itu diperlukan manajemen risiko pembiayaan yang baik untuk meminimalisasi dan mencegah pembiaayan bermasalah pada produk KPR yang ada di Bank Muamalat KC Jember. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana penerapan manajemen risiko pada KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Jember? 2. Bagaimana analisis manajemen risiko untuk mengatasi pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen risiko untuk mengatasi pembiayaan bermasalah yang terjadi pada pembiayaan KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KC Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang menganalisis penerapan manajemen risiko di Bank Muamalat, serta cara Bank Muamalat dalam mengatasi pembiayaan bermasalah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penerapan manajemen risiko di Bank Muamalat KC Jember menerapkan analisis 5C, dan langkah Bank untuk mengatasi dengan cara restrukturisasi pembiayaan dan penjualan Jaminan (Lelang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:33
Last Modified: 21 Sep 2022 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13281

Actions (login required)

View Item View Item