Pratitis, Andy Yusuf (2016) Analisis Tingkat Konsumsi Tabungan Pasca Ditutupnya Dana Talangan Haji di Bank Muamalat Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Andy Yusuf Pratitis_083 123 054.pdf - Submitted Version Download (19MB) |
Abstract
Sebagaiman MUI telah mengeluarkan fatwa tentang dana talangan haji, yaitu fatwa no: 29/DSN-MUI/VI/2002 tentang Pembiayaan Pengurusan Haji oleh Lembaga Keuangan Syari’ah. Pada pertengahan tahun 2013 Kementerian Agama (Kemenag) resmi tidak membolehkan bank untuk memberikan fasilitas dana talangan haji bagi jamaah. Alasan Kemenag, karena jamaah yang berangkat haji menggunakan dana talangan dianggap belum mampu menjalankan ibadah haji. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perkembangan produk tabungan haji sebelum dan sesudah penutupan dana talangan haji di Bank Muamalat Cabang Jember? 2) Seberapa berpengaruh penutupan dana talangan haji terhadap tingkat konsumsi produk tabungan haji di Bank Muamalat Cabang Jember? 3) Apa strategi untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap tabungan haji paska ditutupnya dana talangan haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perkembangan perkembangan produk tabunga haji sebelum dan sesudah penutupan dana talangan haji di Bank Muamalat Cabang Jember. 2) Mengetahui pengaruh penutupan dana talangan haji terhadap tingkat konsumsi produk tabungan haji di Bank Muamalat Cabang Jember. 3) Mengetahui strategi untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap tabungan haji pasca ditutupnya dana talangan haji. Pendekatan yang dipilih oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) perkembangan ataupun minat nasabah tabungan haji sebelum adanya dana talangan haji mengalami kenaikan. Sedangkan setelah ada dana talangan haji mengalami penurunan hingga tahun 2010. Dan mengalami kenaikan kembali tahun 2011 akan tetapi di tahun 2012 hingga tahun 2014 mengalami penurunan dan mengalami kenaikan lagi di tahun 2015. 2) Pengaruh penutupan dana talangan haji terhadap tingkat konsumsi produk tabungan haji dibuktikan dengan dari tahun 2011 mengalami penurunan 51,52%, tahun 2012 mengalami penurunan 55,52%, tahun 2013 mengalami penurunan 3,33% tahun 2014 mengalami penurunan 24,52%, tahun 2015 mengalami kenaikan 241,12%. 3) Strategi untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap tabungan haji pasca ditutupnya dana talangan haji meliputi:strategi peningkatan mutu produk, strategi peningkatan promosi, strategi service excellent dan layanan publik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 01:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 01:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13286 |
Actions (login required)
View Item |