Analisis Pemgembalian Sisa Uang Hasil Lelang Barang Jaminan Gadai Kepada Nasabah di PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Jenggawah

SYURURI, ROBITHOTUS (2021) Analisis Pemgembalian Sisa Uang Hasil Lelang Barang Jaminan Gadai Kepada Nasabah di PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROBITHOTUS SYURURI_E20161035.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman gadai menjadi sebuah pilihan bagi mayoritas masyarakat untuk mendapatkan uang tapi tidak sampai kehilangan barang yang dimilikinya. Ditambah lagi dengan adanya pandemi membuat beban masyarakat semakin berat karena tidak menetapnya penghasilan yang didapat. Ini membuat mereka kesulitan untuk membayarkan tanggungan atas barang yang telah dijaminkan. Sehingga barang tersebut terpaksa harus dilelang untuk menutupi tanggungan yang ada. Tapi, tidak seluruh uang hasil lelang dibayarkan kepada pihak pegadaian, ada pula yang masih bersisa dan itu wajib dikembalikan kepada nasabah. Namun tidak semua pegadaian menetapkan prinsip tersebut. Inilah mengapa peneliti mengangkat tema ini sebagai bahan penelitian. Fokus masalah penelitian ini yakni : 1) Bagaimana sistematika pengembalian sisa uang hasil lelang barang jaminan gadai kepada nasabah di PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Jenggawah? 2) Bagaimana bentuk tanggung jawab pihak pegadaian terhadap nasabah atas pengembalian sisa uang hasil lelang barang jaminan gadai kepada nasabah PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Jenggawah? Tujuan penelitian ini ingin mencari tahu tentang: 1) sistematika dalam pengembalian sisa uang hasil gadai di PT Pegadaian UPC Jenggawah, 2) bentuk tanggung jawab pihak pegadaian terhadap nasabah atas pengembalian sisa uang hasil lelang barang jaminan gadai kepada nasabah PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Jenggawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yakni Sistematika pengembalian hasil lelang barang jaminan gadai dengan memberikan peringatan demi peringatan terlebih dahulu kepada nasabah via sms, whatasapp, telepon, dan terakhir dengan memberikan surat kepada yang bersangkutan mengenai ketelatan pembayaran barang jaminan yang sudah jatuh tempo. Apabila tidak ada konfirmasi atau pun nasabah sudah menyatakan kerelaan atas pelelangan barang jaminan yang ada, maka proses pelelangan akan diselenggarakan yang nantinya uang tersebut akan dikembalikan kepada nasabah setelah dipotong uang administrasi dan juga pinjaman pokok. PT Pegadaian UPC Jenggawah Jember dalam melaksanakan tanggung jawab untk menyampaikan sisa uang hasil lelang sudah dilaksanakan sesuai SOP dan penuh tanggung jawab dengan memastikan bahwa uang sisa hasil lelang tersebut kembali ke tangan nasabah dengan aman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:24
Last Modified: 22 Sep 2022 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item