Implemetasi Konsep Pembentukan Keluarga Sakinah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki di Kalangan Santri Se Karesidenan Besuki

Hanip, Abdul (2022) Implemetasi Konsep Pembentukan Keluarga Sakinah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki di Kalangan Santri Se Karesidenan Besuki. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDUL HANIP_203206050002.pdf
Restricted to Registered users only until 31 September 2022.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Untuk membangun sebuah kaluarga tak hanya dengan kematangan psikologis, materi yang mapani ataupun fisik yang kuat, akan tetapi yang lebih penting dari hal itu ialah ilmu pengetahuan mendalam perihal aturan keluarga sebelum lebih jauh melangkah ke jenjang pernikahan, Bagi keluarga para ulama’ sudah tak asing lagi mendengarkan istilah kata sakinah dalam rumah tangga. Maka dari uraian di atas penulis ingin menganalisis lebih dalam konsep pemikiran seorang ulama’ abad 21 Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam menciptakan keluarga sakinah dalam kitab Adabul Islam Fi Nidomil Usroti dan implementasi terhadap santrinya di karesidenan besuki.
Penelitian ini memiliki fokus kajian 1) Bagaiman konsep pemikiran Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam membangun keluarga sakinah dalam kitab Adabul Islam Fi Nidomil Usroti? 2) Bagaimana implementasi pemikiran Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam membentuk keluarga sakinah terhadap santrinya di karesidenan besuki?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang termasuk kategori penelitian kualitatif. Yakni data primer yang diperoleh berasal dari wawancara dengan murid Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yang bertempat tinggal di keresidenan besuki, data sekunder diperoleh dari kitab Adabul Islam Fi Nidomil Usroti dan karya ilmiah seputar keluarga sakinah. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul di analisis dengan metode deskriptif analitis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep pembentukan keluarga sakinah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki yang ada di dalam kitab Adabul Islam Fi Nidomil Usroti, merupakan konsep berbasis Ahlaq yang sesuai dengan tujuan penikahan dalam UU Pasal 1 tahun 1974 dan KHI , 2) Implementasi pemikiran Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki terhadap santrinya yang tinggal di karesidenan Besuki yaitu keluarga yang memiliki ketenangan, ketentraman, kedamaian, serta mampu menyelesaikan permasalahan dan konflik yang menghadangnya, dan sesuai dengan kreteria keluarga sakinah III plus dalam surat keputusan Menteri Agama, No 03 Th 1999
Kata Kunci: Implementasi, Keluarga Sakinah, Karesidenan Besuki

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Abdul Hanip
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:56
Last Modified: 22 Sep 2022 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item