Peran Pelayanan E-Banking Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Lumajang Tahun 2020.

RIZKY FIRDAUS, MOCHAMAD (2021) Peran Pelayanan E-Banking Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Lumajang Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCHAMAD RIZKY FIRDAUS_E20161041.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Electronic Banking (E-Banking) adalah salah satu jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. Fokus penelitian tersebut adalah 1) Bagaimana penerapan pelayanan EBanking dalam meningkatkan loyalitas nasabah? 2) Bagaimana tanggapan nasabah tentang pelaksanaan pelayanan E-Banking pada PT.BRI ? 3) Bagaimana tinjauan standar perbankan tentang pelayanan E-Banking pada BRI ? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan terkait dengan penerapan EBanking dalam menigkatkan loyalitas nasabah, serta tanggapan nasabah terkait dengan pelayanan e-Banking dan juga standar perbankan terkait dengan pelayanan e-Banking yang diberikan oleh BRI kantor cabang Lumaang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan oberservasi,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji data keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah adalah sebagai berikut: 1) penerapan pelayanan E Banking di BRI Kantor Cabang Lumajang yaitu tidak ada bedanya dengan bank bank yang lain yaitu dengan cara mendowload aplikasi BRIMO dan sebagainya juga mencantum kan email dan harus tersambung dengan internet akan tetapi bedanya dengan bank lain yaitu terkait dengan keunggulan EBanking yang di BRI dengan bank lain yaitu terletak dari pengamanannya BRIMO mempunyai dua pengaman yaitu user ID pasword dan enable dan disable sehingga tidak akan bisa di bbol oleh orang lain dan juga bisa meng non aktifkan kartunya jika tidak mau digunakan, dengan keunggulan tersebut bisa meningkatkan loyalitas nasabah di BRI Kantor Cabang Lumajang. 2) Tanggapan yang diberikan dari nasabah terkait dengan layanan E-banking yang ada di BRI sangat banik sekali dan mereka merasa puas karena di BRI selain sangat aman dengan data-data mereka juga di BRI sudah mempunyai satelit sendiri yang tidak dimiliki oleh bank-bank yang lain sehingga kenyaman dan kendala layanan, jangkauan sangat tidak mungkin karena BRI sudah mempunyai satelit sendiri maka dari itu di manapun pasti bisa menggunakan E-Banking. 3) Standar perbankan tentang E-Banking di BRI semuanya mengacu terhadap UU yang diterbaitkan oleh bank indonesia sebagai bank sentral UU No.9/15/PBI/2017 tentang penerapan manajemen resiko dan penggunaan teknologi informasi terhadap bank umum bahwasanya harus mencakup kemudahan, jangkauan dimana aja, dapat dipercaya dan dapat diandalkan bahkan di BRI sudah mempunyai standar itu semu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:11
Last Modified: 22 Sep 2022 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item