Upaya Peningkatan Strategi Permintaan Kredit UMKM terhadap jumlah kredit yang diterima pada PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang jember.

Rohmaniah, Fitrotin Nur (2020) Upaya Peningkatan Strategi Permintaan Kredit UMKM terhadap jumlah kredit yang diterima pada PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitrotin Nur Rohmaniah_E20151008.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Kredit UMKM merupakan salah satu instrument pengembangan usaha yang selalu mendapat perhatian besar dalam suatu Negara, karena adanya kucuran kredit UMKM kepada sector perekonomian akan menggerakkan perekonomian secara baik. Pertumbuhan suatu Negara selalu akan terkait dengan pertumbuhan ekonomi sektor riil yang rata-rata ditopang oleh para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah. Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Peningkatan Strategi Permintaan Kredit UMKM di PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember? 2) Bagaimana Tingkat Permintaan Kredit UMKM Di PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember? 3) Apa Saja Kendala Dalam Pelaksanaan Pemberian Kredit UMKM Di PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya peningkatan strategi kredit umkm di PT. Pegadaian Syariah A.Yani cabang Jember. serta mendeskripsikan tingkat permintaan kredit umkm dan kendala dalam pelaksanaan pemberian kredit umkm di PT. Pegadaian Syariah A.Yani cabang Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian Field Research (penelitian lapangan) adapun penelitian ini menggunakan beberapa teknik dalam proses pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember untuk meningkatkan strategi permintaan kredit UMKM setiap tahunnya yaitu dengan mengadakan promosi sebar brosur tiap minggu kepasar, pusat UMKM, mengadakan literasi kepada beberapa kelompok sosial, serta mengadakan seminar dengan mengundang peserta UMKM dll. 2) PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember Tingkat Permintaan Kredit UMKM sangat tinggi, karena pihak pegadaian memberikan banyak kemudahan dalam pemberian kredit yang di ajukan nasabah. 3) PT. Pegadaian Syariah A.Yani Cabang Jember mengalami kendala dari nasabah dan system serta SDMnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:10
Last Modified: 22 Sep 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item