Implementasi Prinsip Mengenal Nasabah Dalam Pemberian Kredit Di Bank BRI Kantor Cabang Jember.

Laili, Krisdayatus (2021) Implementasi Prinsip Mengenal Nasabah Dalam Pemberian Kredit Di Bank BRI Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Krisdayatus Laili_E20161144.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis membahas mengenai penerapan Prinsip Mengenal Nasabah yang dilakukan di Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam pemberian kredit, yang dilatarbelakangi oleh pendekatan personal melalui edukasi dalam menerapkan prinsip mengenal nasabah yang apabila tidak di terapkan dengan baik dapat mengakibatkan risiko yang tidak diinginkan yang mengganggu kegiatan operasional bank dan kesehatan bank itu sendiri. Dari latar belakang diatas penulis mengungkap bagaimana penerapan prinsip mengenal nasabah yang berkaitan pemberian kredit di Bank BRI Kantor Cabang Jember dan apa saja hambatan yang dialami oleh bank BRI Kantor Cabang Jember dalam penerapan prinsip mengenal nasabah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan prinsip mengenal nasabah terkait dalam pemberian kredit serta hambatan dan upaya yang dihadapi Bank BRI Kantor Cabang Jember. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitihan field research, Sedangkan untuk pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui hasil penelitihan dari Implementasi Prinsip Mengenal Nasabah Dalam Pemberian Kredit Di Bank Bri Kantor Cabang Jember. Subjek Penelitian menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerpan prinsip mengenal dimulai dari kebijakan penerimaan nasabah yang dapat dilihat melalui pengajuan kredit, kebijakan identifikasi dan verifikasi nasabah, kebijakan persetujuan penerimaan nasabah, kebijakan prosedur pemantauan rekening dan pelaporan transaksi dan menajemen risiko. Selain itu, hambatan yang dihadapi dalam penerapan prinsip mengenal nasabah baik dari calon nasabah maupun pihak bank. Dari calon nasabahnya sendiri karena kurangnya pengetahuan tentang prinsip mengenal nasabah. Sedangkan dari sisi bank karena kurangnya sumber daya manusianya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:10
Last Modified: 22 Sep 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item