Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Penyaluran Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2019.

Watiningsih, Yulis Dian (2021) Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Penyaluran Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulis Dian Watiningsih_E20171144.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi di indonesia terutama di dalam industri perbankan sebagai mediasi atau perantara dalam sektor keuangan merupakan bagian penting dalam perekonomian, karena dengan adanya sektor keuangan di perbankan tentunya akan lebih memudahkan masyarakat untuk menyimpan kelebihan uang atau dana yang dimilikinya, dan juga memudahkan pihak yang yang membutuhkan uang ataun dana nantinya, sesuai dengan Undang- Undang Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang perabankan bahwasanya Bank adalah lembaga intermediasi yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan atau tabungan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit guna untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. Adapun rusmusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) terhadap penyaluran pembiayaan pada bank umum syariah di Indonesia periode 2017-2019 baik secara persial atau secara simultan. Sesuai dengan rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) terhadap penyaluran pembiayaan pada bank umum syariah di Indonesia periode 2017-2019 baik secara persial atau secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah porpusive sampling dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan bantuan spss statistic 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif signifikan terhadap penyaluran pembiayaan, variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap penyaluran pembiayaan dan variabel Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran pembiayaan pada bank umum syariah di indonesai periode 2017-2019. Sedangkan secara simultan variabel Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh signifikan terhadap penyaluran pembiayaan pada bank umum syariah di Indonesia periode 2017-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:49
Last Modified: 22 Sep 2022 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item