Model Pengelolaan Sumber Daya Manusia melalui Pendekatan Religius dalam Peningkatan Produktivitas Karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Khoir, Dhiva Virdana (2021) Model Pengelolaan Sumber Daya Manusia melalui Pendekatan Religius dalam Peningkatan Produktivitas Karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhiva Virdana Khoir_E20162011.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia melalui Pendekatan Religius dalam Peningkatan Produktivitas Karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dikarenakan Di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, menerapkan sholat sunnah berjama’ah, sholat wajib berjamaah dan kegiatan tahunan seperti qurban. Kegiatan apel pagi yang dulu dilaksanakan setiap pagi kini telah digantikan oleh sholat dhuha berjamaah. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi mengajak seluruh staf-stafnya agar melaksanakan kegiatan tersebut. Karena pimpinan dinas merasa suatu pekerjaan itu juga harus diimbangi dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar semuanya berjalan dengan lancar. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model pengelolaan SDM melalui pendekatan religius dalam peningkatan produktivitas karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimana peningkatan produktivitas karyawan melalui pendekatan religius di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pengelolaan SDM melalui pendekatan religius dalam peningkatan produktivitas karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Pendekatan religius yang diterapkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabuapaten Banyuwangi dalam peningkatan produktivitas karyawan menggunakan teori pendekatan religius. Di dalam religiusitas terdapat nilai-nilai agama dalam diri seseorang yang berkaitan dengan kepercayaan terhadap ajaran-ajaran agama, baik di dalam hati maupun dalam ucapan. (2) Peningkatan produktivitas yang dilakukan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi menggunakan teori yang dikemukakan oleh Stoner bahwa peningkatan produktivitas bukan pada pemukhtaran peralatan, akan tetapi pada pengembangan karyawan yang paling utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:49
Last Modified: 22 Sep 2022 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item