Analisis Penerapan Hadiah dalam Akad Wadi’ah Yad Dhamanah pada Produk Tabungan Sajadah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Kabupaten Situbondo.

Amini, Fitriyatul (2019) Analisis Penerapan Hadiah dalam Akad Wadi’ah Yad Dhamanah pada Produk Tabungan Sajadah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitriyatul Amini_E20151006.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Munculnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah yakni Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang menggunakan sumber Dana Pihak Ketiga untuk membentuk persepsi masyarakat, pada produk penghimpun dana BMT juga menggunakan value preposition yaitu keunggulan berlebih yang ditawarkan dalam suatu produk serta menjaga hubungan baik dengan nasabah. Hal itu menjelaskan bahwa promosi dan hadiah merupakan bentuk dari penerapan value preposition dan customer relationship pada salah satu produk penghimpun dana, diantara bentuk promosi yang digunakan adalah pemberian bonus atau hadiah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Salah satu produk yang terdapat di BMT NU Jawa Timur Kantor Cabang Bungatan Kabupaten Situbondo yakni produk tabungan Sajadah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana penerapan hadiah dalam akad wadi’ah yad dhamanah pada produk tabungan Sajadah di BMT NU Kantor Cabang Bungatan? 2. Apa saja kendala/masalah yang terjadi selama produk Sajadah diterapkan di BMT NU Kantor Cabang Bungatan dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut? 3. Apakah produk tabungan Sajadah ini menambah omset/ pendapatan untuk BMT NU Kantor Cabang Bungatan? Tujuan penelitian adalah : 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan hadiah yang terjadi dalam akad wadi’ah yad dhamanah pada produk tabungan Sajadah di BMT NU. 2. Untuk mengetahui kendala/masalah apa saja yang terjadi selama produk Sajadah diterapkan di BMT NU dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. 3. Untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya produk Sajadah terrhadap omset/ pendapatan di BMT NU. Penelitian ini dilakukan di BMT NU Jawa Timur Kantor Cabang Bungatan Kabupaten Situbondo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terkait analisis data menggunakan analisis deskriptif sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa : 1. Mekanisme pemberian hadiah pada akad wadi’ah yad dhamanah di BMT NU yakni calon anggota menyerahkan foto copy KTP/SIM/KARTANU untuk mengisi formulir yang telah disediakan dan membayar uang administrasi sebesar Rp. 10.000 kemudian anggota menyetor tabungan awal minimal Rp. 5.000.000. 2. Kendala yang pernah ada pada produk Sajadah yaitu terletak pada pemasaran produk karena masyarakat Bungatan mayoritas memilih menginvestasikan uangnya untuk membeli hewan ternak dibanding menyimpan uangnya di lembaga keuangan seperti BMT NU. 3. BMT NU memperoleh omset dari dana anggota yang dikelola sesuai persetujuan diawal dalam akad wadi’ah yad dhamanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:29
Last Modified: 22 Sep 2022 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item