Analysis Strategy Marketing 3.0 Menuju 4.0 Produk Cicil Emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

MUSYAROFAH, EVA (2021) Analysis Strategy Marketing 3.0 Menuju 4.0 Produk Cicil Emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVA MUSYAROFAH_E20161129.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini perbankan memiliki peranan penting untuk memajukan bangsa. Di era yang modern ini semakin menigkatnya dalam dunia persaingan maka bank perlu memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mengembangkan perusahaanya, salah satu upaya untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ada di bank kepada nasabah yaitu dengan menggunakan pemasaran. Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Prinsip-prinsip marketing 4.0 Produk Cicil Emas Bank Syariah Mandiri KC Jember ?, 2) Bagaimana Stategy Marketing 3.0 Menuju Strategy Marketing 4.0 dalam Memasarkan Produk Cicil Emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ?, 3) Apa Saja kendala-kendala strategy marketing 3.0 dan strategy marketing 4.0 dalam memasarkan produk cicil emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ?, 4) Bagaimana solusi dari kendala-kendala strategy marketing 3.0 dan strategy markering 4.0 dalam memasarkan produk cicil emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk: 1) Untuk mengetahui prinsip-prinsip marketing 4.0 produk cicil emas Bank Syariah Mandiri KC Jember, 2) Untuk mengetahui Stategy Marketing 3.0 Menuju Strategy Marketing 4.0 dalam Memasarkan Produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember, 3) Untuk mengetahui kendala-kendala strategy marketing 3.0 dan strategy marketing 4.0 dalam memasarkan produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember, 4) Untuk mengetahui solusi dari kendalakendala strategy marketing 3.0 dan strategy marketing 4.0 dalam memasarkan produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggambarkan semua data atau keadaan subjek atau objek penelitian, kemudian menganalisis data bersifat induktif dan menginterpretasikannya dengan menggambarkan dan mendeskripsikan langsung strategy marketing 4.0 produk cicil emas Bank Syriah Mandiri KC Jember. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian field Research. Hasil dari penelitian ini menyatakan 1) prinsip-prinsip marketing 4.0 yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KC Jember ialah, perusahaan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat yang akan bertransaksi produk cicil emas tanpa membeda-bedakan nasabah,menggunakan gagasan-gagasan nasabah mengenai produk yang akan diciptakan, melakukan pendekatan selayaknya teman yang akan membantu kebutuhan nasabah, dan dengan era yang terhubung saat ini bank memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji-janji perusahaan saat memasarkan produk cicil emas. 2) strategy marketing 3.0 yang dilakukan, Segmentasi yang digunakan segmentasi variabel perilaku dan segmentasi variabel geografis, target utama dari pemasaran produk cicil emas ialah wanita dan masyarakat yang dirasa mampu bertransaksi produk cicil emas dan memiliki KTP, dan positioning BSM KC Jember memposisikan dirinya sebagai lembaga keuangan yang mampu membantu manaikkan taraf hidup masyarakat, sedangkan prinsip strategy pemasaran 4.0 yang digunakan Bank Syariah Mandiri KC jember ialah memadukan strategi pemasaran tradisional dengan strategy marketing 4.0. hal ini dilakukan, guna terciptanya strategi pemasaran yang efektif dan efisian untuk memasarkan produk cicil emas Bank Syariah Mandiri KC Jember kepada calon nasabah.3) kendala-kendala strategy marketing 3.0 dan strategy marketing 4.0 adalah nasabah masih merasa kurang membutuhkan produk cicil emas untuk menyimpan kekayaannya, nasabah masih belum mengetahui keuntungan produk cicil emas, sebagian masyarakat masih belum bisa mengoperasikan smartphone, dan persaingan dengan perusahaan lain, 4) dan solusi dari kendala tersebut adalah,melakukan pemasaran secara langsung kepada calon nasabah, membagikan brosur-brosur terbaru lengkap dengan harga emas terbaru kepada calon nasabah, melakukan pendekatan mendatangi calon nasabah sesuai dengan segmentasi yang ditentukan, dan memberikan pelayanan dengan sangat baik kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:47
Last Modified: 22 Sep 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item