MANAJEMEN SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo)

Ivana, Septiamaharani (2022) MANAJEMEN SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo). Doctoral thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ivana.pdf

Download (12MB)
Official URL: https://uinkhas.ac.id/

Abstract

Abstrak
Ivana, 2022, MANAJEMEN SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK
PESANTREN. (Studi Kasus di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo) Disertasi Progran Doktor Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH.Achmad Siddiq Jember.
Promotor Prof. Dr. Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M.Pd dan Co-Promotor, Dr. H. Moch Chotib, M.M
Kata Kunci : Manajemen Suksesi, Pondok Pesantren

Suksesi kepemimpinan merupakan peristiwa yang niscaya terjadi dan akan selalu dihadapi oleh setiap organisasi atau lembaga, baik itu organisasi atau lembaga bisnis maupun organisasi atau lembaga non profit seperti pesantren. Pondok pesantren Wali Songo adalah salah satu pondok modern yang berada di Ngabar Ponorogo Jawa Timur dengan model kepemimpinan kolektif kolegial (Trimurti). Faktor kepemimpinan merupakan salah satu aspek yang menentukan kesuksesan dan kontinyuitas organisasi, salah satunya dengan manajemen suksesi. Focus penelitian ini untuk mengungkap; Pertama bagaimanakah rekrutmen dan seleksi calon pemimpin di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar?. Kedua, bagaimanakah Proses suksesi kepemimpinan multigenerasi di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar?. Ketiga, bagaimana Evaluasi suksesi kepemimpinan di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis rekrutmen, seleksi serta proses dan evaluasi suksesi kepemimpinan di pondok pesantren wali songo ngabar ponorogo.
Ketiga focus tersebut diteliti dengan teori Willian J Rothwell dalam Effective Succession Planning Forth Edition dan didukung oleh R. Wayne Mondy and Joseph J. Martocchio, Human Resource Management Fourteen Edition serta beberapa teori lain yang mendukung. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Penggalian data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan fotografi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai dengan teori Milles, Hubberman yaitu menganalisis data dengan tiga langkah : kondensasi data, penyajian data, dan menarik simpulan atau verifikasi.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa, manajemen suksesi kepemimpinan pondok pesantren merupakan pengembangan dari teori William J Rothwell, R. Wayne Mondy dan Joseph J. Martocchio, yaitu langkah-langkah manajemen suksesi pondok pesantren dapat di uraikan sebagai berikut : Pertama, Rekrutmen dilakukan melalui proses analisis kompetensi kandidat pemimpin, analisis kebutuhan rekrutmen pemimpin, identifikasi sumber kandidat pemimpin. Seleksi dilakukan dengan cara penyaringan awal kandidat pemimpin, resume aplikasi pemimpin, tes seleksi pemimpin, pemilihan kandidat potensial. Kedua, proses suksesi kepemimpinan multigenerasi dilakukan dengan persiapan suksesi kepemimpinan, keterlibatan suksesor, implementasi suksesi kepemimpinan. Ketiga, evaluasi suksesi kepemimpinan dilakukan dengan evaluasi anekdot, evaluasi berkala dan evaluasi terprogram.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: IVANA SEPTIA MAHARANI
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:34
Last Modified: 23 Sep 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item View Item