Pengelolaan Perpustakaan Dalam Pembinaan Minat Membaca Literatur Keagamaan Kelas VII di SMPN 3 Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021

Prahastiwi, Deyang (2022) Pengelolaan Perpustakaan Dalam Pembinaan Minat Membaca Literatur Keagamaan Kelas VII di SMPN 3 Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MELANI 2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Deyang Maylani Prahastiwi, 2022 : Pengelolaan Perpustakaan dalam Pembinaan Minat Membaca Literatur Keagamaan Kelas VII di SMPN 3 pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021.

Kata Kunci : Pengelolaan Perpustakaan, Pembinaan Minat Membaca, Literatur Keagamaan

Perpustakaan sekolah merupakan sarana sumber belajar bagi warga sekolah khususnya siswa. Keberadaan sekolah yang berada di wilayah pedesaan, mayoritas tidak menjadkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, dikarenakan pengelolaan yang dinilai masih kurang terorganisir dengan baik, sehingga membuat perpustakaan sebagai sarana sumber belajar tidak maksimal. Program pengoptimalan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar yang dijalanka oleh SMPN 3 Pasirian Lumajang dirasa menarik, mengingat sekolah tersebut bertempat di desa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana upaya pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca literatur keagamaan kelas VII di smpn 3 pasirian kabupaten lumajang tahun 2021? 2) apa saja kendala dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas VII di smpn 3 pasirian kabupaten lumajang tahun 2021? 3) bagaimana solusi dalam mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas VII di smpn 3 pasirian kabupaten lumajang tahun 2021?
Penelitian ini menggunakan pendekantan penelitian kualitatif deskriptif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan analisa data condensation, data display dan conclution dan untuk mengukur kebsahan data mnggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan SMP Negeri 3 Pasirian Kab. Lumajang sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya buku-buku koleksi baru yang bisa memotivasi siswa, menjadikan siswa berlomba-lomba supaya tidak ketinggalan membaca dan meminjam buku-buku yang baru tersebut. Pengunjung perpustakaan yang awalnya hanya sedikit menjadi lebih meningkat setelah perpustakaan dikelola dengan baik dan memberikan kartu anggota perpustakaan kepada seluruh siswa di SMP Negeri 3 Pasirian Kab. Lumajang. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala pengelolaan perpustakaan SMP Negeri 3 Pasirian Kab. Lumajang yaitu kurangnya personalia, koleksi buku yang kurang lengkap, sistem yang digunakan masih manual. Untuk solusinya dengan cara Merekrut personalia perpustakaan yang baru, Menambah koleksi buku perpustakaan, dan Merintis sistem otomatisasi dalam pelayan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deyang Maylani Prahastiwi
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:57
Last Modified: 26 Sep 2022 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13329

Actions (login required)

View Item View Item