Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Sub Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018.

Ridwan, Muhammad (2019) Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Sub Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ridwan_E20153036.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Perputaran kas merupakan periode berputarnya kas yang dimulai saat kas diinvestasikan dalam komponen modal kerja sampai saat kembali menjadi kas-kas sebagai unsur modal kerja yang paling tinggi likuiditasnya. Sedangkan Perputaran piutang adalah lamanya piutang berubah menjadi kas sehingga dapat digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1)Apakah perputaran kas berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011-2018? 2) Apakah perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011-2018? 3)Apakah perputaran kas dan piutang secara bersama-sama berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011-2018? Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui perputaran kas berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011- 2018? 2) Untuk mengetahui perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011-2018? 3) Untuk mengetahui perputaran kas dan piutang secara bersama-sama berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia sub sektor semen yang terdaftar di BEI 2011-2018? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk sampelnya peneliti menggunakan purposive sampling. Sedangkan untuk instrumen datanya yaitu data sekunder. Untuk analisis datanya menggunakan metode data panel dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) perputaran kas secara parsial berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. 2) perputaran piutang secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas. 3) perputaran kas dan perputaran piutang secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 23 Sep 2022 09:27
Last Modified: 23 Sep 2022 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

View Item View Item