Pengaruh Hukuman (Punishment) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022

IKBALILMAROM, NUR MUHAMAD (2022) Pengaruh Hukuman (Punishment) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR MUHAMAD IKBALILMAROM_T20189010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan hukuman (punishment) di MTs Nahdlatul Arifin masih menjadi acuan utama untuk pengendalian sikap siswa di sekolah. Hal ini memeliki banyak pengaruh kepada diri siswa itu sendiri bahkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa terkhusus pada mata pelajaran IPS. Pada realita yang ada di sekolah tersebut penerapan hukuman (punishment) dianggap hal biasa. Hal ini berakibat pada siswa yang sering melanggar akan mengulangi kesalahan yang sama. Adanya perbedaan antara teori dengan kenyataan yang ada ini, peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh hukuman (punishment) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah pengaruh hukuman (punishment) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Tahun Ajaran 2021/2022?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis atau desain penelitian ex post facto (dari setelah fakta). Populasi dalam penelitian ini yakni siswa di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu. Pengambilan sampel menggunakan rumus dari Issaq dan Michel. Sampelya yakni sebagian kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX dengan jumlah sampel yakni 117 siswa. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan legger nilai PAT siswa. Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji deskripstif dan uji statistik menggunakan “Uji T” dan “Uji F”.
Dari hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket hukuman (punishment) diketahui bahwa presentase siswa kategori tinggi sebesar 10%, siswa kategori sedang sebesar 77%, dan siswa kategori rendah sebesar 13%. 2) Berdasarkan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa diketahui bahwa presentase siswa kategori tinggi sebesar 9%, siswa kategori sedang sebesar 78%, dan siswa kategori rendah sebesar 13%. Dan nilai rata-rata sebesar 82,03 dengan nilai maksimal adalah 90 dan nilai minimum adalah 73. 3) Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa tidak ada pengaruh hukuman (punishment) terhadap hasil belajar siswa dengan peroleh Fhitung < Ftabel yaitu 2,064 < 3,92 maka artinya Ho diterima dan Ha ditolak. dan perolehan nilai Thitung < Ttabel yaitu -1,437<1,658 maka artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dan taraf signifikan adalah 5%. Dengan perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hukuman (punishment) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr NUR MUHAMAD IKBALILMAROM
Date Deposited: 12 Oct 2022 00:40
Last Modified: 12 Oct 2022 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item