Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Berbasis Jamaah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo.

Hafis, Nurul (2019) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Berbasis Jamaah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Hafis_E20151164.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan berbasis jamah merupakan pembiayan berkelompok tanpa jaminan. Tingginya risiko pada pembiayaan berbasis jamaah mengharuskan BMT NU untuk menerapkan manajemen risiko agar terhindar dari pembiayaan bermasalah yang mungkin timbul dikemudian hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen risiko pembiayaan berbasis jamaah pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen risiko pembiayaan berbasis jamaah pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis risiko yang dihadapi oleh BMT NU Sumberasih dalam pembiayan berbasis jamaah, antara lain risiko pembiayan, risiko operasional dan risiko investasi. Terdapat dua faktor yang menyebabkan pembiayaan berbasis jamaah bermasalah, pertama faktor internal yang disebabkan oleh faktor petugas dan sistem, kedua faktor eksternal yang disebabkan oleh usaha anggota yang mengalami kerugian, itikad yang kurang baik dari anggota dalam hal pemenuhan kewajiban, ketidakmampuan anggota mengelola usaha, dan bencana alam. Langkah yang dilakukan pihak BMT NU Sumberasih dalam manajemen risiko pembiayaan Berbasis Jamaah yaitu manajemen risiko pra akad dan manajemen risiko pasca akad. Manajemen risiko pra akad yang dilakukan oleh pihak BMT NU antara lain survei dengan menggali informasi tentang calon penerima pembiayaan, melakukan survei kelayakan atas usaha anggota, serta melakukan analisa pembiayaan dengan prinsip 4C. Sedangkan manajemen risiko pasca akad antara lain melakukan kontrol atau pendampingan usaha anggota pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:32
Last Modified: 26 Sep 2022 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item