Analisis Komparatif Model Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski dalam Memprediksi Financial Distress (Pada Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang tang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Alvina, Fitria Dina (2019) Analisis Komparatif Model Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski dalam Memprediksi Financial Distress (Pada Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang tang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitria Dina Alvina_E20153045.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pendirian perusahaan diharapkan terus berjalan dan dapat bertahan dalam jangka waktu panjang yang tidak terbatas. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip akuntansi yaitu prinsip kelangsungan hidup going concern. Seiring dengan keberlangsungan usaha, sebelum terjadi likuidasi atau kebangkrutan, perusahaan akan mengalami suatu kondisi dimana keuangan menghadapi tahapan penurunan yang disebut dengan Financial distress. Model Altman, Springate dan Zmijewski merupakan model analisis kondisi kesehatan keuangan, pentingnya model tersebut adalah untuk memprediksi financial distress dan untuk diperhatikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dapat dirumuskan : (1) Bagaimana analisis model prediksi Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski dalam memprediksi financial distress pada sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. (2) Berapakah tingkat akurasi model Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski dalam mengukur financial distress pada sub sektor tekstil dan garmen. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil prediksi model Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski dalam memprediksi financial distress. (2) Untuk mengetahui tingkat akurasi diantara model Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski dalam mengukur financial distress. Metode penelitian yang digunakan adalah penlitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 19 perusahaan dengan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang artinya sampel diambil karena kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sederhana menggunakan bantuan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski ketiga model tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi adanya financial distress pada sub sektor tekstil dan garmen selama lima tahun 2014-2018. (2) Tingkat akurasi dari setiap model yaitu model Altman 20% sehat, 40% grey area, dan 40% distress. Model Springate 33% sehat, dan 67% distress. Model Zmijewski 27% distress dan 73% sehat. Dapat disimpulkan bahwa model Springate adalah model yang memiliki tingkat keakuratan tertinggi atau yang paling mampu dalam mendeteksi adanya financial distress

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:10
Last Modified: 27 Sep 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item