Analisis Manajemen Produksi Benih Padi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Pada UD. Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Jazuli, Hamim (2019) Analisis Manajemen Produksi Benih Padi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Pada UD. Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hamim Jazuli_E20152018.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar dalam keanekaragaman sumber daya alam yang bisa memberikan keuntungan baik secara finansial maupun didalam menjaga keharmonisan alam. Sektor pertanian merupakan sektor yang sangatpenting dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data BPS Jember merupakan salah satu Kabupaten terbesar di Jawa Timur dengan potensi pertanian yang cukup baik.UD. Makmur Sejahtera merupakan salah satu usaha yang menghasilkan produk benih padi dan menyediakan obat-obatan pertanian. Juga sebagai salah satu produsen benih padi yang bersertifikat mampu membuktikan bahwa perusahaan sebagai produsen benih padi dapat melakukan strategi manajemen produksi yang efektif agar dapat bersaing di pasar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ?2) Bagaimana proses produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ?3) Bagaimana pengawasan produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui proses produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pengawasan produksi benih padi dalam meningkatkan kualitas produk pada UD Makmur Sejahtera di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdeskriptif,. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan teori pustaka. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) perusahaan melakukan perencanaan proses produksi meliputi kegiatan penetapan target pendapatan, perencanaan lahan, hingga tenaga kerja baik dari karyawan maupun alat dan bahan. 2) perusahaan melakukan proses produksi meliputi dua tahap prosesnya, pertama proses dilakukan pada sawah dan yang kedua proses dilakukan pada pasca panen atau di gudang. 3) Pengawasan proses produksi yang dilakukan perusahaan yaitu dengan dua cara, pertama melakukan pengawasan pada proses produksi di lapangan (sawah) dan juga pengawasan di gudang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:15
Last Modified: 29 Sep 2022 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item View Item