Dampak Ekonomi Alih Fungsi Lahan TPA Pakusari Menjadi Wisata Edukasi bagi Masyarakat Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember.

ZAINAL ARIFIN, MUHAMMAD (2019) Dampak Ekonomi Alih Fungsi Lahan TPA Pakusari Menjadi Wisata Edukasi bagi Masyarakat Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ZAINAL ARIFIN_083 144 085.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tren perkembangan pariwisata dalam beberapa tahun belakangan ini adalah berkembangnya model pariwisata berbasis wisata edukasi. Hal ini dikarenakan potensi daya tarik wisata baik yang bernuansa alam maupun budaya pada umumnya berada di perdesaan, sehingga berbagai potensi daya tarik wisata tersebut dikembangkan agar masyarakat sekitar tempat wisata mendapat manfaat dari sisi ekonomi terkait kekayaan desanya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana dampak ekonomi alih fungsi lahan TPA Pakusari menjadi wisata edukasi bagi masyarakat Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember? 2), apa saja faktor pendorong alih fungsi lahan TPA menjadi wisata edukasi di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian field research (penelitian lapangan). Lokasi penelitian ini di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1), dampak ekonomi dari alih fungsi lahan TPA Pakusari menjadi wisata edukasi tersebut adalah terciptanya ekonomi kreatif dari sampah-sampah organik maupun an-organik dengan cara 3R (reduce, reuse, dan recycle). Selain itu, terciptanya lapak-lapak PKL, lahan parkir kendaraan, dan kios-kios makanan. Hal ini dipayungi oleh paguyuban yang dibuat sebagai upaya untuk mencapai kesejahteraan bersama. 2), faktor pendorong alih fungsi lahan TPA menjadi wisata edukasi di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember adalah: a), faktor kepadatan sampah, jumlah sampah yang dikelola sudah tidak mampu dilakukan maka harus mencari tempat baru dan tempat lama dialihkan/didayagunakan menjadi tempat yang lebih baik, dalam hal ini adalah wisata edukasi. b), Faktor ekonomi, wisata edukasi pastinya memunculkan ekonomi kreatif. Seperti Melihat kondisi ekonomi Indonesia pada era saat ini, tentunya ekonomi kreatif menjadi suatu alternatif dalam peningkatan ekonomi. c) Faktor sosial budaya, lingkungan sosial masyarakat yang ada di sekitar TPA Pakusari memang menginginkan sebuah perubahan dari tempat yang bau, busuk, kotor, dan lain-lain diubah/dialihfungsikan menjadi sebuah tempat yang memiliki nilai edukatif dan nilain ekonomis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:22
Last Modified: 27 Sep 2022 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13392

Actions (login required)

View Item View Item