Analisis Implementasi Nilai – Nilai Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang Daging Di Pasar Tradisional Kecamatan Jenggawah.

ISTIQOMAH AMALIA, AMANDA (2019) Analisis Implementasi Nilai – Nilai Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang Daging Di Pasar Tradisional Kecamatan Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMANDA ISTIQOMAH AMALIA_E20152093.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah masalah yaitu mengenai nilainilai Islam yang terdiri dari adil, produk dan proses halal, memenuhi takaran, disiplin dan produktivitas pada pedagang khususnya pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah. Penerapan nilai Islam yang baik akan menciptakan keselarasan dalam berbisnis. Dengan terciptanya keselarasan maka akan meningkatkan kesejahteraan pada pedagang. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Apakah adil, produk dan proses halal, memenuhi takaran, disiplin, dan produktivitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kesejahteraan pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah? 2) Apakah adil, produk dan proses halal, memenuhi takaran, disiplin, dan produktivitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kesejahteraan pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil semua anggota populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi, serta observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa adil, produk dan proses halal, memenuhi takaran, disiplin, dan produktivitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah. Adil, produk dan proses halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah. Sedangkan memenuhi takaran, disiplin dan produktivitas secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan pedagang daging di pasar tradisional Kecamatan Jenggawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:20
Last Modified: 27 Sep 2022 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item