Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang

Hidayati, Hesty Nur (2020) Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Hesty Nur Hidayati_T20161140.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan life skill.

Era perkembangan zaman, revolusi industri dan arus globalisasi membuat setiap orang harus memiliki kesiapan dan bekal dalam menghadapinya. Tak terkecuali bagi santri, dalam era perkembangan global lembaga pendidikan seperti pondok pesantren harus berupaya membuka wacana global yang terjadi di masyarakat dan berbagai masalah yang muncul di kalangan santri setelah keluar dari pesantren, seperti kurang kreatifnya santri dan masih bingung apa yang harus dilakukan, sehingga santri dikatakan kurang cakap. Pondok Pesantren Miftahul Midad sebagai lembaga pondok pesantren yang membekali para santri bukan hanya dalam keagamaannya saja akan tetapi membekali para santri dengan pendidikan life skill yang dibutuhkan dalam kehidupannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tujuan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang? 2) Bagaimana bentuk-bentuk pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tujuan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. 2) Mendeskripsikan bentukbentuk pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Penentu subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Midad ini adalah: 1) Tujuan pendidikan life skill adalah: mengembangkan potensi santri, mengembangkan keterampilan santri, melayani masyarakat di lingkungan sekitar pesantren, menumbuhkan kemandirian santri; 2) Bentuk-bentuk pendidikan life skill ada 4 yaitu: (a) kecakapan personal diterapkan melalui kegiatan istighosah, (b) kecakapan sosial diterapkan melalui kegiatan ro’an (bersih-bersih pondok) dan haflah akhir sanah, (c) kecakapan akademika diterapkan melalu kegiatan taqror (belajar bersama), (d) kecakapan vokasional diterapkan melalui kegiatan ekstrakulikuler yaitu kaligrafi, hadrah, tartil dan kursus kewirausahaan yaitu pelatihan pembuatan sale pisang; 3) Faktor pendukung keberhasilan pendidikan life skill yaitu adanya minat santri, adanya fasilitas yang memadai, adanya kegiatan terkait kecakapan hidup (life skill). Faktor Penghambat keberhasilan pendidikan life skill yaitu kurangnya tenaga pengajar ahli, kurangnya kedisiplinan santri, kurangnya peraturan yang tegas, kurangnya perhatian santri yaitu banyak santri yang masih tidak fokus saat kegiatan berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:29
Last Modified: 11 Feb 2021 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item