Pengaruh Modal Kerja, Perubahan Cuaca dan Keterampilan Terhadap Pendapatan Nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Ali, Mahrus (2020) Pengaruh Modal Kerja, Perubahan Cuaca dan Keterampilan Terhadap Pendapatan Nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahrus Ali-E20152005.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena modal kerja, perubahan cuaca dan keterampilan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan. Modal kerja berupa nilai aset bergerak maupun tidak bergerak yang digunakan dalam satu unit penangkap sehinggga menyebabkan pendapatan tidak menentu. Perubahan cuaca yang sering berubah-ubah dan keterampilan berupa pengalaman dan skill yang menjadi penyebab pendapatan sering mengalami naik turun. Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a). Apakah modal kerja berpengaruh terhadap pendapatan nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember? b). Apakah perubahan cuaca berpengaruh terhadap pendapatan nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember? c). Apakah keterampilan berpengaruh terhadap pendapatan nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember? d). Apakah modal kerja, perubahan cuaca dan keterampilan secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan nelayan di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5024 nelayan, dengan menarik sampel menggunakan rumus slovin menjadi 98 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah para nelayan di Desa Puger Wetan dan alat analisa data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Berdasarkan uji parsial modal kerja tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai t hitung 0,940 < t tabel 1.98552 dengan signifikansi 0,350 > 0,05. 2). Dari hasil uji secara parsial perubahan cuaca secara signnifikan ada pengaruh terhadap pendapatan, dengan nilai t hitung 2,459 > t tabel 1,98552 dengan signifikansi 0,016 < 0,05. 3). Dari hasil uji secara parsial keterampilan tidak ada pengaruh terhadap pendapatan, dengan nilai t hitung -2,831 < t tabel 1,98552 dengan signifikansi 0,006 < 0,05. 4). Hasil uji secara simultan bahwa variabel modal kerja, perubahan cuaca dan keterampilan ada pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai t hitung 3,989 > t tabel 3,09 dengan signifikansi 0,010 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:21
Last Modified: 27 Sep 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13401

Actions (login required)

View Item View Item