MAS’UDI, SYUKRAN (2020) Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SYUKRAN MAS’UDI_083 133 133.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Baitul Maal Wattamwil merupakan lembaga keuangan mikro yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa yang dioperasikan dengan prinsip syariah. BMT merupakan lembaga keuangan yang memiliki persaingan ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Untuk itu diperlukan strategi dalam mengelola dan mencapai tujuan, sehingga mengharuskan pihak managemen agar selalu fleksible dalam menjawab tantangan serta berorientasi pada konsep pemasaran (market oriented) agar dapat merebut pasar. Dalam merealisasikan tujuannya, promosi merupakan strategi yang efektif sebagai alat yang sangat penting dalam mencapai target yang ditentukan lembaga tersebut. Strategi inilah yang harus diperhatikan oleh pengelola agar lembaga mampu survive dan berkembang. Fokus masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso? 2) Apa saja kendala strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso? 3) Apa saja faktor penentu keberhasilan strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Mendiskripsikan strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah `produk tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso. 2) Mendiskripsikan kendala strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso. 3) Mendiskripsikan faktor pendukung strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di BMT NU Cabang Wonosari Bondowoso. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Strategi Promosi yaitu Periklanan, Personal selling dan Publisitas. 2) Kendalanya yaitu sumber pendanaan minim, promosi melalui media belum terlalu aktif, persaingan tinggi, pengetahuan masyarakat minim. 3) Faktor penentu keberhasilannya yaitu letak kantor strategis, optimalisasi pelayanan, sumber daya manusia harus memadai, sosialisasi, dan partisipasi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 08:21 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13403 |
Actions (login required)
View Item |