Analisis Pengaruh Cost of Fund Terhadap Base Lending Rate pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Periode 2014-2018.

HASANAH, SITI NUR (2019) Analisis Pengaruh Cost of Fund Terhadap Base Lending Rate pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Periode 2014-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR HASANAH_E20151151.pdf - Submitted Version

Download (27MB)

Abstract

Penentuan suku bunga kredit (base lending rate) merupakan kebijakan yang strategis bagi bank dalam memenangkan persaingan. Suku bunga kredit yang rendah dapat menurunkan biaya modal yang ditanggung oleh para pelaku bisnis. Oleh karena itu, para pelaku bisnis mencari bank yang menawarkan kredit dengan suku bunga kredit yang rendah. Biaya dana merupakan harga pokok bank dalam menentukan harga jual produknya. Dengan mengetahui besarnya biaya dana yang sesungguhnya dikeluarkan bank, maka bank akan dapat melakukan perhitungan suku bunga kredit yang wajar sehingga bank tetap dapat memperoleh keuntungan. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh signifikan antara cost of fund terhadap base lending rate? 2) Seberapa besar pengaruh cost of fund terhadap base lending rate?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apakah ada pengaruh signifikan antara cost of fund terhadap base lending rate. 2) Seberapa besar pengaruh cost of fund terhadap base lending rate. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder, dengan jenis data time series tahunan periode 2014 – 2018 yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi Bank Negara Indonesia (BNI). Variabel yang digunakan adalah Cost of Fund dan Base Lending Rate. Model analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan metode SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cost of fund berpengaruh positif dan signifikan terhadap base lending rate serta telah memenuhi syarat uji asumsi klasik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:21
Last Modified: 27 Sep 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item