Pengelolaan Bisnis Warung Internet Perspektif Etika Bisnis Islam di Warung Internet SKY NET di Jl. Sukowonoo, Desa Tamanan, Kecamatan Bondowoso.

FULLAH, SAI (2019) Pengelolaan Bisnis Warung Internet Perspektif Etika Bisnis Islam di Warung Internet SKY NET di Jl. Sukowonoo, Desa Tamanan, Kecamatan Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAIFULLAH_083 122 011.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Warung internet merupakan jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum. Yang memiliki badan hukum usaha dan aturan aturan yang dibuat oleh pengelola maupun pemerintah. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pengelolaan Warung internet Sky Net Jl. Sukowono Tamanan Bondowoso?. 2). Bagaimana pengelolaan Warung internet dalam perspektif etika bisnis Islam? Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk menjelaskan dan mendiskripsikan pengelolaan Warung internet Sky Net Jl. Sukowono Tamanan Bondowoso dan untuk menjelaskan pengelolaan Warung internet Dalam perspektif etika bisnis Islam. Untuk mendiskripsikan permasalah tersebut, peneliti mengunakan metode kualitatif. yaitu, penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dilihat oleh peneliti terkait sistem pengelolaan warung internet sky net di desa tamanan di analisa menggunakan etika bisnis Islam. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi secara langsung dan dokumentasi. Dan kemudian hasil temuan dipadukan dengan teori teori etika bisnis Islam. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pengusaha warnet Sky Net memberikan pelayanan dengan mengupgret komputer dengan yang terbaru, memberikan fasilitas ruangan yang nyaman, menyediakan makanan ringan dan minuman ringan, musholla, CD Room dan earphone yang membuat pelanggan puas. Warnet Sky net memberikan tarih harga yang juga realatif terjangkau dengan dua pilihan harga, yang pertama harga biasa dengan durasi pemakaian internet minimal 1 jam dengan tarif Rp 2.000,- /jam. Kedua harga paket dengan minimal dan Harga Paket dengan durasi waktu minmal 3 jam harga Rp 5.000, 5 jam harga Rp. 8.000, dan Harga Paket Game Online dengan minimal waktu 3 jam Harga Rp 6.000, 5 jam harga Rp 9.000,-, 10 jam harga 15.000,-. Respon terhadap komplen dari pelanggan adalah bagian dari menajemen yang diterapkan oleh pengelola warnet Sky Net untuk tidak membiarkan kenyamanan pengunjung terganggu. Reward juga diberikan kepada pelanggan yang telah mengunakan jasa selama 20 jam dalam jangka waktu atau bulan dengan memberikan akses komputer secara gratis selama 2 jam. 2) Dalam etika Bisnis Islam pengelolaan Warung internet Sky Net telah sesuai dengan prinsip dan aturan etika bisnis Islam. Dilihat dari pelayanan dan fasilitas. Fasilitas ini sebagai dasar pertimbangan dan mafaat bagi masyarakat. Penentuan harga yang mengutamakan keterbukaan antara pengelola warung internet dan penguna jasa diawal pengunaan jasa adalah bentuk etika bisnis Islam antara penjual dan pengguna jasa untuk saling terbuka dan tidak ditutup tutupi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:21
Last Modified: 27 Sep 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13407

Actions (login required)

View Item View Item