Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi terhadap Return Saham (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)

Yanti Ningtiyas, Wikke Febri (2018) Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi terhadap Return Saham (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wikke Febri Yanti Ningtiyas_E20153031.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Investasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan kontribusi aktif dalam suatu perekonomian. Tujuan investor berinvestasi dipasar modal adalah untuk mendapatkan return saham.. Penetapan kelompok saham perusahan sektor Industri Barang Konsumsi sebagai obyek penelitian dimaksudkan untuk menganalisis apakah return yang dihasilkan pada saham kelompok ini secara empiris juga mempunyai keterikatan dengan rasio keuangan seperti halnya untuk saham-saham pada umumnya. Penetapan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi return saham yang dilpilih dalam penelitian ini adalah Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi periode tahun 2016-2018? (2) Apakah laba akuntansi berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi periode tahun 2016-2018? (3) Apakah arus kas operasi dan laba akuntansi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi periode tahun 2016-2018? Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif, jenis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018 sebanyak 22 perusahaan dengan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang artinya sampel diambil karena kriteria tertentu.. Untuk teknik dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dan untuk uji lulus kendala linier dilakukan 4 jenis pengujian yaitu: uji normalitas, uji mulitikolinieritas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokolerasi. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan menggunakan program komputer SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Arus Kas Operasi tidak berpengaruh terhadap Return Saham. (2) Laba Akuntansi secara signifikan berpengaruh terhadap Return Saham. (3) Arus Kas Operasi, dan Laba Akuntansi secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:14
Last Modified: 28 Sep 2022 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13412

Actions (login required)

View Item View Item