Strategi Optimalisasi Produktivitas Kerja Dan Peningkatan Volume Produksi Pada Usaha Sambal Pecel Di PPIRT. Mahkota Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

RAHAYU, ARUM PUJI (2019) Strategi Optimalisasi Produktivitas Kerja Dan Peningkatan Volume Produksi Pada Usaha Sambal Pecel Di PPIRT. Mahkota Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARUM PUJI RAHAYU_E20152057.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

PPIRT. Mahkota adalah Produksi Pangan Industri Rumah Tangga yang berproduksi sebagai usaha sambal pecel di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember yang mempunyai legalitas. Selain itu, PPIRT. Mahkota juga menjadi penggerak ekonomi di lingkungan sekitar, banyak masyarakat di desa yang bekerja di PPIRT. Mahkota terutama para janda. Diketahui bahwa produk sambal pecel juga sudah dikirim ke beberapa kota bahkan sampai luar pulau jawa tentunya untuk memenuhi permintaan konsumen. Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk memaparkan Strategi Optimalisasi Produktivitas Kerja Dan Peningkatan Volume Produksi Pada Usaha Sambal Pecel Di PPIRT. Mahkota Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Fokus penelitian 1) Bagaimana strategi optimalisasi produktivitas kerja pada usaha sambal pecel di PPIRT. Mahkota. 2) Bagaimana strategi peningkatan volume produksi pada usaha sambal pecel di PPIRT. Mahkota. Tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui strategi optimalisasi produktivitas kerja pada usaha sambal pecel di di PPIRT. Mahkota. 2) Untuk mengetahui strategi peningkatan volume produksi pada usaha sambal pecel di PPIRT. Mahkota. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Strategi optimalisasi produktivitas kerja pada usaha sambal pecel di PPIRT. Mahkota yaitu: Selalu menanamkan kedisiplinan dan kejujuran. Menumbuhkan semangat bahwa bekerja adalah ibadah. Selalu meningkatkan kerajinan dan keterampilan kerja. Menghasilkan produk yang berkualitas baik cita rasa dan kerapian pengemasan. Menjadikan kepuasan pelanggan sebagai tujuan 2) Strategi peningkatan volume produksi pada usaha sambal pecel di PPIRT. Mahkota yaitu: Memanfaatkan bahan baku lokal yang berkualitas dan dengan harga yang murah serta tingkat suplai yang tinggi. Memanfaatkan teknologi yang mendukung percepatan produksi seperti mesin sangrai kapasitas besar, mesin pengaduk, mesin penggilingan, dan mesin siler berjalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:12
Last Modified: 28 Sep 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item