Uji Kausalitas Granger Antara Perhitungan Bed Occupation Rate (BOR), Length Of Stay (LOS), Turn Over Internal (TOI) dan Bed Turn Over (BTO) Terhadap Pendapatan yang diPeroleh RSUD Dr. H. Koesnadi Bondowoso (Studi pada tahun 2012-2018

ROSTA SYAH, QONI A (2019) Uji Kausalitas Granger Antara Perhitungan Bed Occupation Rate (BOR), Length Of Stay (LOS), Turn Over Internal (TOI) dan Bed Turn Over (BTO) Terhadap Pendapatan yang diPeroleh RSUD Dr. H. Koesnadi Bondowoso (Studi pada tahun 2012-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QONI A ROSTA SYAH_E20153008.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Tugas utama rumah sakit yaitu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang berkunjung, ditinjau dari pelayanan rawat inap banyak yang dapat diperkirakan sehingga memiliki kaitan dengan pendapatan rumah sakit tersebut, dalam perhitunganya pelayanan rawat inap tersebut dikelola data pelayanannya oleh rekam medik. Hasil-hasil yang diperoleh dikaitkan terhadap pendapatan yang diperoleh rumah sakit. Sebab pendapatan ialah arus masuk aktiva kedalam perusahaan yang timbul dari penjualan suatu barang ataupun penjualan jasa. Uji Kausalitas Granger merupakan model alat analisis yang sangat berguna dalam mengetahui suatu hubungan timbal balik dalam ilmu ekonomi. Dimana dalam penulisan ini digunakan untuk mengetahui hubungan kausal antara BOR, LOS, TOI dan BTO terhadap Pendapatan yang diperoleh. Pembentukan Uji Kausalitas Granger disini melalui beberapa tahapan yakni; Uji Lag Optimum dan Uji Kausalitas Granger Penelitian ini dilakukan yakni untuk menggambarkan bagaimana hubungan kausalitas BOR, LOS, TOI dan BTO terhadap pendapatan apakah saling mempengaruhi ataukah hanya salah satu dari kedua variabel yang mempengaruhi variabel lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah variabel BOR, LOS, TOI dan BTO tidak memiliki pengaruh terhadap Pendapatan maupun sebaliknya. Begitu pula diantara kedua variabel dimana BOR, LOS, TOI, BTO dan Pendapatan tidak saling memberikan pengaruh positif dikarenakan nilai probabilitasnya lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:12
Last Modified: 28 Sep 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item