Marketing Strategy Bisnis Property Syari`ah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study kasus PT. Aslamtu Syurga Land Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto)

Haqiqi, Latifatul (2019) Marketing Strategy Bisnis Property Syari`ah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study kasus PT. Aslamtu Syurga Land Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Latifatul Haqiqi_083122122.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Bisnis property syari`ah sebagai terobosan baru yang dapat menjawab harapan para pembisnis pada adanya nilai-nilai luhur dalam bisnis mereka. Solusi utama para penggiat bisnis, demi kemakmuran kehidupan bersama harus sudah mulai disadarkan akan pentingnya etika dalam kegiatan bisnis. Konteks inilah yang menyebabkan adanya kontruksi etika dalam fonemena bisnis properti di Indonesia. Penelitian ini menfokuskan kajiannya pada proses pemasaran yang dilakukan PT. Aslamtu Syurga Land Mojokerto. Adapun hal yang menjadi dua fokus kajianya adalah 1) bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dan 2) bagaimana pandangan etika bisnis Islam tentang strtagi tersebut. Kedua sub kajian inilah yang kemudiah akan dikaji dengan pendekatan kualitatif fenomenologi dalam penelitian ini. Tentu yang demikian ini diharapkan menemukan gambaran secara hal-hal mengenai fokus kajian utama yang dipilih. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, ada beberapa temuan yang didapat dalam penelitian ini. Setelah dilakukan analisa yang sistematis dan terperinci, temuan yang didapatkan adalah 1) strategi yang digunakan oleh PT Aslamtu Syurga Land dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Kemudian mencoba mengintegrasikan ajaran agama sebagai jawaban dari kebutuhan yang diidentifikasi. PT membentuk sistem keagenannya berdasarkan akad mudhorobah dan melakukan promosi melalui media online dan media lainnya. Sedangkan pada tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan evaluasi pada agen pemasaran yang sebenarnya juga konsumen mereka. 2) Strategi yang digunakan PT Aslamtu Syurga Land sudah mengupayakan terimplementasikan prinsip-prinsip etika bisnis. Ada nilai yang rabbaniyah yang orientasi menguatkan keimanannya. Ada juga nilai etis antar sesama manusia yang meliputi nilai etis ta’awun, nilai etis keadilan, nilai etis transparan dan nilai etis maqosidus syari’ah sebagai puncak nilai pokoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:12
Last Modified: 28 Sep 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13427

Actions (login required)

View Item View Item