Analisis Praktik Jual Beli Kopi Dalam Memaksimalkan Pendapatan Petani Di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

PURNAMAWATI, INDAH ICHSANI (2019) Analisis Praktik Jual Beli Kopi Dalam Memaksimalkan Pendapatan Petani Di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDAH ICHSANI PURNAMAWATI_E20152058.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu perilaku ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk bisa memenuhi kebutuhannya karena sejatinya manusia tidak dapat hidup sendiri mereka saling bergantungan satu dengan yang lain. Salah satu komoditi yang bisa membawa nama baik Indonesia yaitu komoditi kopi. Pada tahun 2014, Indonesia masuk dalam 5 negara eksportir kopi terbesar di dunia dan perkebunan kopi di Indonesia menghidupi sekitar 3 juta keluarga. Tidak kalah juga di Desa Darungan hasil kopi dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana praktik jual beli kopi di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2) Bagaimana praktik jual beli kopi dalam memaksimalkan pendapatan petani di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi petani dalam praktik jual beli kopi di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui praktik jual beli kopi di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. (2) Mengetahui praktik jual beli kopi dalam memaksimalkan pendapatan petani di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. (3) Mengetahui kendala yang dihadapi oleh petani dalam praktik jual beli kopi di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Praktik jual beli kopi di Desa Darungan ada tiga macam bentuk praktik jual beli kopi yaitu jual beli kopi olahan kering, jual beli kopi olahan basah, dan jual beli kopi borongan. (2) Praktik jual beli olahan kopi kering lebih banyak hasilnya dan dapat memaksimalkan pendapatan petani daripada praktik jual beli kopi olahan basah dan juga praktik jual beli kopi borongan. (3) Kendala yang dihadapi oleh petani di Desa Darungan ialah ketika musim hujan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:56
Last Modified: 28 Sep 2022 03:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item