Optimalisasi Penyaluran Produk Pembiayaan Linkage Program Dengan Menggunakan Chanelling dan Executting Kepada End User di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember.

IZA AFIDATI, FRISCA NURI (2020) Optimalisasi Penyaluran Produk Pembiayaan Linkage Program Dengan Menggunakan Chanelling dan Executting Kepada End User di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FRISCA NURI IZA AFIDATI_E20161085.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan Linkage Program terdapat dua pola yaitu pola channeling dan executting. Sampai sekarang Bank BNI Syariah masih menerapkan pola executting. Pembiayaan ini digunakan untuk membantu atau meningkatkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah mendapatkan pembiayaan untuk disalurkan kembali kepada nasabah end user dari Lembaga Keuangan Mikro Syariah tersebut. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember ? 2) Bagaimana prosedur penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember ? 3) Adakah hambatan dalam penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui optimalisasi penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. 2) untuk mengetahui prosedur penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. 3) untuk mengetahui faktor penghambat dalam penyaluran produk pembiayaan linkage program dengan menggunakan channeling dan executting kepada end user di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) optimalisasi penyaluran pembiayaan linkage program di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember dilakukan dengan cara menghubungi atau mendatangi langsung pihak koperasi syariah dan canvasing atau terjun langsung ke lapangan. 2) untuk prosedur pembiayaan Linkage Program yaitu dengan menyerahkan fotocopy KTP, NPWP, Laporan keuangan 3 tahun terakhir, legalitas koperasi dan surat permohonan pembiayaan, kemudian akan di proses oleh pihak Small Medium Enterpreneur. 3) dalam pelaksanaannya sendiri masih ada hambatan dalam pelaksanaan pembiayaan linkage program tersebut. Mulai dari peraturan yang dikeluarkan Kementerian Koperasi, pengurusan perizinan dari dinas koperasi tentang pergantian izin dari koperasi konvensional ke koperasi syariah cukup memakan waktu yang lama dan manajemen koperasi yang kurang profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:19
Last Modified: 28 Sep 2022 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item