Pengaruh Produk Rusak dan Produk Cacat Terhadap Biaya Produksi UMKM Kerajinan Gelang Tali Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

ARTI, SUGI (2019) Pengaruh Produk Rusak dan Produk Cacat Terhadap Biaya Produksi UMKM Kerajinan Gelang Tali Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUGIARTI_E20153033.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk yang baik, tidak dapat dihindarkan juga menghasilkan produk rusak dan produk cacat. Produk rusak dan produk cacat merupakan masalah yang sangat berdampak dalam perusahaan, salah satunya perusahaan kerajinan gelang tali Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) apakah ada pengaruh signifikan produk rusak dan produk cacat secara simultan terhadap biaya produksi UMKM kerajinan gelang tali desa gumuksari kecamatan kalisat kabupaten jember. 2) apakah ada pengaruh signifikan produk rusak dan produk cacat secara parsial terhadap biaya produksi UMKM kerajinan gelang tali desa gumuksari kecamatan kalisat kabupaten jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh produk rusak dan produk cacat terhadap biaya produksi UMKM kerajinan gelang tali Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Dalam mengidentifikasikan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sehingga untuk mengukur besar pengaruh produk rusak dan produk cacat terhadap biaya produksi kerajinan gelang tali, digunakan analisis regresi linier berganda. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dengan menggunakan angket dan wawancara langsung dengan responden, studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder dengan menggunakan dokumen, karya ilmiah dan internet. Hasil analisis regresi berganda secara simultan menunjukkan bahwa variabel produk rusak (X1) dan produk cacat (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biaya produksi (Y) kerajinan gelang tali Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil estimasi yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi F hitung sebesar 8,529 yang berarti nilai tersebut lebih besar dari F tabel 3,55, sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hasil analisis regresi linier berganda secara parsial menunjukkan probabilitas t hitung variabel produk rusak (X1) sebesar 0,163, varibel produk cacat (X1) sebesar 2,317. Karena hasil t tabel sebesar 2,109, berarti secara parsial variabel produk cacat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biaya produksi kerajinan gelang tali. Sedangkan variabel produk rusak tidak berpengaruh signifikan terhadap biaya produksi kerajinan gelang tali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:19
Last Modified: 28 Sep 2022 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item