Analisis Swot Terhadap Pengembagan Usaha Griya Rajut Seruni Di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso.

Badriawan, Ade Alfi (2019) Analisis Swot Terhadap Pengembagan Usaha Griya Rajut Seruni Di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ade Alfi Badriawan_E20152119.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Kewirausahaan merupakan fenomena yang cukup populer dewasa ini, dan memungkinkan menjadi pola dan tatanan baru dalam kehidupan masyarakat, dan bagi pihak tertentu merupakan hal yang baru yang memerlukan pendidikan khusus. Analisis SWOT merupakan analisis informasi yang diperoleh, dicari, atau diterima dari berbagai sumber hasil dari pertanyaan: apa yang sedang terjadi, kenapa terjadi, dimana terjadi terjadi dan kapan terjadi, yang semuanya berasal dari internal perusahaan dan eksternal berkaitan dengan usaha perusahaan. Dengan dimikian pemilik usaha juga dapat mengetahui lebih mendalam tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dari usahaannya, dimana itu bisa menjadi sebuah acuan pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: 1) Strategi pengembangan apa yang telah dilakukan oleh usaha Griya Rajut Seruni di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso?. 2) Bagaimana analisis SWOT dalam strategi pengembangan usaha Griya Rajut Seruni di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsian strategi pengembangan yang telah dilakukan oleh usaha Griya Rajut Seruni di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan analsis SWOT dalam strategi pengembangan usaha Griya Rajut Seruni di Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observassi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Usaha Griya Rajut Seruni melakukan strategi guna untuk mengenalkan produknya serta mengembangakan usahanya tersebut, beberapa strategi yang telah dilakukan antara lain: mengikuti event Muharram, mengadakan pelatihan, melakukan kerjasama. 2) Usaha Griya Rajut Seruni memiliki kekuatan di dalam kualitas produik yang dihasilkan sangat bagus. Kelemahan Usaha Griya Rajut Seruni diantaranya tidak adanya tenaga kerja, keterlambatan pengiriman, tidak maksimalnya pelayanan serta pembelian bahan baku berupa benang yang jauh. Peluang Usaha Griya Rajut Seruni yaitu usaha Griya Rajut Seruni merupakan usaha satu-satunya yang bergerak dibidang rajut yang ada di Kabupaten Bondowoso, selera konsumen serta perkembangan fashion menjadi peluang yang cukup besar bagi usaha Griya Rajut Seruni yang mana usaha ini bergerak dibidang fashion. Adapun ancaman yang harus dihadapi oleh usaha Griya Rajut Seruni yaitu fluktuasi harga bahan baku benang serta ditinggal konsumen-konsumennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:50
Last Modified: 28 Sep 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item