Strategi Bersaing Analisis SWOT PT Analisis SWOT AMPO di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Dalam Industri 4.0.

Tri Yhan, Guntur Rochmadhon (2019) Strategi Bersaing Analisis SWOT PT Analisis SWOT AMPO di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Dalam Industri 4.0. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tri Yhan Guntur Rochmadhon_E20152063.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

PT. Ampo adalah perusahaan yang bergerak memproduksi air minum dalam kemasan yang bertujuan untuk menciptakan suatu produk sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat di sekitar Kabupaten Jember. Diketahui bahwa perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan di Kabupaten Jember terdapat tiga yaitu Al-Qodiri, Hazora, dan salah satunya Ampo. Dalam memenangkan persaingan pasar tentunya membutuhkan strategi yang dimulai dari segi internal dan eksternal. Fokus dalam penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi Bersaing dengan menggunakan Analisis SWOT PT. AMPO di Desa Dukuh Mencek kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Dalam Industri 4.0? 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat PT. AMPO di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Dalam Industri 4.0? Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui strategi bersaing Analisis SWOT AMPO di Desa Dukuh Mencek kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat PT. AMPO di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember dalam industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) strategi bersaing di PT. Ampo yaitu menerapkan Prospector strategy. Dengan strategi Biaya rendah di PT.Ampo. Diferensial menciptakan program-program yang para pesaing belum menerapkan. Fokus sasaran lokasi untuk mendistribusikan. Analisis SWOT PT. Ampo Strengths (Kekuatan) kualitas produksi terjamin. Weaknesses (Kelemahan) mesin tidak berjalan optimal.. Opportunities (Peluang) label eksklusif bisa menarik konsumen. Threats (Ancaman) banyak pesaing air minum dalam kemasan di Jember. 2) Faktor pendukung menerapkan industri 4.0 adalah Jaringan komunikasi, Safety and Security, dan Teknologi CPS (Cyber Physical System). Faktor Penghambat yaitu meliputi Standardisasi Sumber Daya Manusia), dan Smart Factory.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:19
Last Modified: 28 Sep 2022 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item