Strategi Pemasaran Produk Logam Mulia dalam Peningkatan Jumlah Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember

Febrianti, Fitri (2020) Strategi Pemasaran Produk Logam Mulia dalam Peningkatan Jumlah Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitri Febrianti_E20151012.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk keberhasilan usaha perusahaan umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap keempatan atau peluang pada bebrapa pasar sasaran. Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat karena merupakan salah satu alternatif investasi jangka panjang. Hal ini disebabkan investasi emas tergolong sederhana dan minim resiko. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran produk logam mulia dalam peningkatan jumlah nasabah di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember? 2) Bagaimana prosedur untuk memiliki logam mulia di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran produk logam mulia dalam peningkatan jumlah nasabah di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember dan prosedur untuk memiliki logam mulia di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Untuk memeriksa keabsahan data maka peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Strategi pemasaran produk logam mulia dalam peningkatan jumlah nasabah di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember adalah memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya berinvestasi emas dan keuntungan dari investasi emas. Logam mulia merupakan produk layanan dalam bentuk emas dari Pegadaian dengan sistem pembelian tunai dan kredit. Logam mulia dapat memberikan berbagai keuntungan kepada masyarakat yang melakukan transaksi pada produk logam mulia, keuntungan tersebut dapat berupa discount, voucher, undian dan berbagai bentuk keuntungan lainnya. 2) Prosedur untuk memiliki produk logam mulia di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember adalah nasabah yang ingin membeli produk logam mulia secara angsuran maupun tunai cukup mendatangi outlet Pegadaian Cabang Jember dengan membawa uang muka, biaya administrasi menyerahkan fotocopy KTP atau identitas lainnya. Pegadaian menyediakan dua macam logam mulia UBS dan Antam. Sedangkan pembelian tunai bisa melalui Galeri 24 dan transaksi lainya yang memudahkan masyarakat yaitu melalui aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:10
Last Modified: 29 Sep 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13456

Actions (login required)

View Item View Item