Perilaku Konsumsi di Era Ekonomi Digital Pemuda DusunTetelan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.

AYU PUSPITA, NUR INDAH (2019) Perilaku Konsumsi di Era Ekonomi Digital Pemuda DusunTetelan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR INDAH AYU PUSPITA_E20152142.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini menunjukkan persaingan yang mengarah pada penguasaan pasar secara luas. Terjadinya persaingan karena banyaknya penjual akan memacu para pemilik usaha memberikan pelayanan yang dapat memenuhi harapan konsumen. Perusahaan tidak hanya memusatkan perhatiannya pada produk apa saja yang dihasilkan dan memiliki daya jual, tetapi juga memikirkan cara untuk menarik perhatian dan minat konsumen menjadi pelanggan tetap. Perusahaan akan menawarkan berbagai produk dengan variasi harga dan strategi yang dijalankan harus menarik konsumen yang tersebar di berbagai daerah. Sehingga sebuah perusahaan dapat mempertahankan siklus perkembangan bisnisnya untuk menghadapi para pesaingnya di pasar. Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana keberlangsungan perilaku konsumsi pemuda pada era ekonomi digital di Dusun Tetelan Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember?. 2) Motivasi apa yang mendasari generasi muda dalam melakukan transaksi Online di Dusun Tetelan Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui keberlangsungan perilaku konsumsi pemuda era digital di Dusun Tetelan Desa Seputih Kecamatan mayang Kabupaten Jember. Dan Mengetahui motivasi generasi muda dalam melakukan transaksi Online di dusun Tetelan Desa Seputih Kecamatan mayang Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian pada masyarakat pemuda Dusun Tetelan Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yang ditinjau dari faktor pribadi dalam teori perilaku konsumen yaitu pekerjaan, keadaan ekonomi dan gaya hidup. Perilaku masyarakat pemuda Dusun Tetelan dalam bertransaksi secara online lebih cenderung karena gaya hidup yang dipengaruhi pola pendapatan masyarakat. Transaksi secara online oleh masyarakat pemuda Dusun Tetelan sebagai wujud keikut sertaan mereka dalam maraknya ekonomi digital. Perilaku pemuda Dusun Tetelan belum sesuai dengan perilaku konsumen dalam perspektif Islam karena masyarakat pemuda Dusun Tetelan lebih cenderung bertransaksi online untuk memenuhi gaya hidup saja sedangkan dalam perilaku konsumen dalam perspektif Islam seorang muslim tidak dikehandaki membelanjakan hartanya secara berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:10
Last Modified: 29 Sep 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item