Analasis Komparasi Faktor Pendidikan, Kesehatan Dan Kemisikinan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Jember Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Metode Baru

Zyainullah, Mohammad (2019) Analasis Komparasi Faktor Pendidikan, Kesehatan Dan Kemisikinan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Jember Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Metode Baru. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Zyainullah_E20152077.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh suatu negara secara terus menerus untuk kesejahteraan rakyat. Pembangunan merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan suatu negara agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai salah satu tolak ukur pembangunan yang tidak hanya fokus pada ekonomi, namun pada sektor kesejahteraan sosial seperti pendidikan dan kesehatan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh signifikan secara parsial faktor pendidikan, kesehatan dan kemiskinan terhadap IPM sebelum dan sesudah menggunakan metode baru? 2) Apakah ada pengaruh signifikan secara simultan faktor pendidikan, kesehatan dan kemiskinan terhadap IPM sebelum dan sesudah menggunakan metode baru? 3) Apakah ada perbedaan signifikan variabel IPM, pendidikan, kesehatan dan kemiskinan sebelum dan sesudah menggunakan metode baru?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan faktor pendidikan, kesehatan dan kemiskinan terhadap IPM sebelum dan sesudah menggunakan metode baru. Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan variabel IPM, pendidikan, kesehatan, kemiskinan sebelum dan sesudah menggunakan metode baru. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian sekunder dengan menggunakan data time series. Jenis subjek penelitian dari penelitian ini adalah makro subjek. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipilih yakni dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji koefesien determinasi (R2), uji F, uji T, uji normalitas dan uji beda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa variabel yang tidak berpengaruh signifikan secara parsial (uji T). Sedangkan untuk uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel pendidikan, kesehatan dan kemiskinan berpengaruh signifikan terhadap IPM. Dalam uji beda hanya variabel indikator RLS yang tidak menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan metode baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:09
Last Modified: 29 Sep 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13458

Actions (login required)

View Item View Item