Dampak Pertumbuhan Mahasiswa IAIN Jember Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat (Study Kasus Kelurahan Mangli Kaliwates Jember )

Sobri, Muhammad (2019) Dampak Pertumbuhan Mahasiswa IAIN Jember Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat (Study Kasus Kelurahan Mangli Kaliwates Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Sobri_083144038.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan perguruan tinggi di daerah pinggiran ini tentu saja akan membawa perubahan yang tidak kecil terhadap daerah tempat perguruan tinggi tersebut berdiri. Perubahan itu tidak saja menyangkut satu atau dua aspek kehidupan, tetapi banyak aspek kehidupan akan terpengaruh dengan keberadaan perguruan tinggi tersebut. Aspek yang sangat nyata dapat terlihat dan dapat diukur adalah adanya perubahan tingkat status sosial ekonomi penduduk sekitar. Karena pembangunan perguruan tinggi di daerah akan diikuti pula pembangunan sarana lainnya, seperti banyak dibangunnya tempat-tempat penampungan atau kos para mahasiswa dari luar daerah. Banyaknya mahasiswa atau kaum pendatang dari luar daerah akan berpengaruh langsung terhadap pola dan pandangan hidup penduduk asli daerah tersebut. Hal ini tidak bisa lepas dari sosok Mahasiswa yang berada di perguruan tinggi tersebut, adanya kampus tidak akan membawa dampak perubahan jika lingkungan sekitar tidak memberikan penyajian yang dibutuhkan mahasiswa.perubahan perubahan ini dimungkinkan adanya pengaruh dari lalu lintas, yang dapat menghasilkan social change, economical change, technological change, cultural change, dan sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana dampak pertumbuhan mahasiswa IAIN Jember terhadap kondisi ekonomi masyarakat?, 2) Apa saja dampak dari pertumbuhan mahasiswa IAIN Jember terhadap kondisi ekonomi masyarakat? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui dampak pertumbuhan mahasiswa IAIN Jember terhadap kondisi ekonomi masyarakat 2) Mengetahui macam-macam dampak pertumbuhan mahasiswa IAIN Jember terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informannya mengunakan teknik purposive. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan 1) Bahwasanya mahasiswa IAIN Jember yang setiap tahunnya pasti mengalami pertumbuhan sangat mempengaruhi terhadap kondisi ekonomi masyarakat Mangli. 2) Bahwasanya mahasiswa IAIN Jember yang setiap tahunnya pasti mengalami pertumbuhan memberikan dampak yang luar biasa terhadap kondisi ekonomi masyarakat Mangli baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:09
Last Modified: 29 Sep 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item