Analisis Strategi Bisnis Budidaya Burung Lovebird Di Kabupaten Jember.

Adi Sunaryadi, Adi Sunaryadi (2019) Analisis Strategi Bisnis Budidaya Burung Lovebird Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adi Sunaryadi_E20152031.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Ketakutan akan kegagalan dan rasa tidak percaya pada kemampuan diri sendiri menjadi faktor utama berhentinya seseorang untuk menanamkan modal dalam bentuk wirausaha. Selain itu dengan beberapa alasan mendasar seperti tidak tahu bagaimana caranya, tidak mempunyai pengalaman, tidak mempunyai modal, tidak punya keberanian, tidak ada yang menuntun, takut untuk keluar dari zona nyaman. Sehingga dengan hal ini peneliti memfokuskan penelitian dengan : 1) bagaimana strategi bisnis diferensiasi (differentiation) pada budidaya burung Lovebird, 2) bagaimana strategi bisnis kepemimpinan biaya menyeluruh (overall cost leadership) pada budidaya burung Lovebrid, 3) bagaimana strategi bisnis fokus (focus) pada budidaya burung Lovebird. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi bisnis diferensiasi (differentiation) pada budidaya burung Lovebird, 2) untuk mengetahui strategi bisnis kepemimpinan biaya menyeluruh (overall cost leadership) pada budidaya burung Lovebrid, 3) untuk mengetahui strategi bisnis fokus (focus) pada budidaya burung Lovebird. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif serta mengambil jenis penelitian lapangan (field research) dimaksudkan agar peneliti dapat melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui secara detail mengenai strategi bisnis budidaya burung Lovebird di Kabupaten Jember. Strategi diferensiasi dapat dilakukan dengan mengawinkan silang burung Lovebird, sehingga warna yang dihasilkan akan sangat unik dan cantik. Faktor yang mempengaruhi diferensiasi yaitu kualitas dan design produk. Keuntungan dalam menerapkan strategi diferensiasi yaitu diferensiasi akan membuat produk atau jasa lebh diingat oleh konsumen, dan diferensiasi dapat mengatasi masalah kejenuhan yang ada di pasar. Strategi kepemimpinan biaya menyeluruh (Overall Cost Leadership) yang dilakukan adalah dengan mengganti faktor produksi seperti pakan, milet, dan sangkar. Manfaat menerapkan stratgi kepemimpinan biaya menyeluruh (Overall Cost Leadership) adalah kepemimpinan biaya yang mengurangi kemungkinan terjadinya tekanan terhadap penentuan harga oleh pembeli. Serta kepemimpinan biaya yang benar-benar berkesinambungan dapat mendorong pesaing kedalam bidang lain sehingga mengurangi persaingan harga.Strategi fokus yang digunakan adalah strategi fokus diferensiasi. Hal ini karena fokus diferensiasi menggali kebutuhan khusus pembeli dalam segmen tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:06
Last Modified: 29 Sep 2022 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item