Strategi Produksi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Batik Pada CV. Godhong Mbako Di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

MUSLIM, AQUP (2019) Strategi Produksi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Batik Pada CV. Godhong Mbako Di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AQUP MUSLIM_E20152121.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Batik merupakan kesenian warisan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang terhadap bangsa Indonesia. Seni batik memiliki niali seni yang sangat tinggi, keserasian antara nilai seni dan teknologi. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas dan coraknya tersendiri seperti di kabupaten Jember terkenal sebagai salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia, sehingga masyarakat setempat mengabadiakannya dalam selembar kain batik yang pada akhirnya membedakan kain-kain batik yang diproduksi oleh daerah-daerah lainnya. Penggunaan alat tradisional anglo serta bahan pewarna alami menjadikann corak dan kualitas dari batik tersebut banyak diminati oleh kalangan pecinta batik dari berbagai daerah. Hal ini merupakan strategi produksi untuk meningkatkan kualitas yang dihasilkan. Selain itu, proses produksi tersebut menjadi suatu keunggulan serta keunikan tersendiri. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi produksi yang dilakukan oleh industri batik CV. Godhong Mbako di desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas batik pada CV. Godhong Mbako? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui strategi produksi yang telah dilakukan oleh industri batik CV. Godhong Mbako di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas batik pada CV. Godhong Mbako di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observassi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi produksi yang dilakukan oleh industri batik CV. Godhong Mbako adalah Selalu memperhatikan dari segi bahan baku, SDM, dan peralatan. Selain itu perusahaan juga mengenalkan filosofi batik kepada masyarakat. sasaran pasar dan anggaran juga menjadi strategi produksi perusahaan. Karena perusahaan mempunyai prinsip ekonomi yaitu pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dilain sisi perusahaan juga mengutamakan kualitas, motif yang beragam dan melakukan evaluasi secara terus-menerus. 2) Untuk meningkatkan kualitas batik pada CV. Godhong Mbako yaitu dengan melihat dari segi pasar, sejauh mana produk batik diterima di pasaran. Hal itu menjadi semangat perusahaan untuk meningkatkan kualitas batik sehingga peningkatan kualitas produksi, ketenagakerjaan, dan peralatan agar terus berkembang dan menjadi lebih baik, serta dengan adanya filosofi batik maka batik akan tetap bertahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:07
Last Modified: 29 Sep 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item